Kartika Sari Mulai Diperkenalkan pada 1984

PERNAH merasakan lezatnya pisang bolen Kartika Sari, kan? Kue dari Bandung ini telah menjadi salah satu pilihan wisatawan sebagai oleh-oleh untuk keluarganya atau koleganya di kota asalnya. Ada idiom yang melekat di antara wisatawan, belum disebut ke Bandung kalau tidak bawa pisang bolen Kartika Sari.

Pisang bolen ini mulai diperkenalkan pada 1984. Pada tahun itu juga bisnis kue itu diberi nama Kartika Sari oleh pemilknya. Awalnya Ratnawati Purnomo, sang pendiri
sangat hobi membuat kue, seperti bolu kukus, kue lapis dan beberapa kue lainnya. Kue buatan Ratnawati ini banyak yang menyukai sehingga terlintas untuk menjadikan hobinya sebagai lahan bisnis.

“Awalnya Mami hanya menjual bolu kukus dan beberapa jenis kue basah lainnya. Dari situlah lahir Kartika Sari yang berlokasi di Jl. Hj. Akbar, Kebon Kawung, Bandung,” kata Andrew Purnomo, putra sulung Ratnawati Purnomo yang sekarang melanjutkan dan membantu ekspansi bisnis ini seperti dikutip ncc-indonesia.com.

Pisang bolen telah menjadi makanan favorit wisatawan dan warga Bandung. Untuk menjaga kualitas rasa pembuat bolen ini  tetap mempertahankan resep turun temurun. Sejak diperkenalkan hingga sekarang rasa pisang bolen tetap renyah dan nikmat.

Gerai Kartika Sari di Jalan Kebon Jukut Bandung | Foto serbabandung.com
Gerai Kartika Sari di Jalan Kebon Jukut Bandung | Foto serbabandung.com

Pisang bolen adalah pisang dan keju dibalut dalam adonan kulit pastry. Perpaduannya melahirkan rasa yang tiada duanya. Untuk memberikan pilihan pada penggemarnya Kartika Sari juga memperkenalkan bolen rasa lain yang menggugah selera, seperti pisang bolen cokelat, peuyeum (tape) bolen, durian bolen, kacang hijau bolen dan apel bolen.

Selain bolen toko kue ini menyediakan jenis kue lain.seperti brownies panggang, brownies kukus, cheese stick, cheese roll, lapis legit, lapis malang, banana roll dan bagelen oval. Tersedia juga kue basah tradisional seperti lemper ayam, bika ambon, kroket, risoles dan lain-lain. Beberapa jenis kripik tradisional pun tersedia di sini.

Kartika Sari terus berkembang, kini telah memiliki tujuh gerai yang tersebar di berbagai wilayah Kota Bandung, seperti Kebon Kawung, Dago, Kebon Jukut, Buahbatu, Kopo, Terusan Jakarta, dan Cimahi. Bahkan kini melayani pembelian lewat online di kartikasari.com yang pengirimannya mencakup Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Kartika Sari juga telah berekspansi membuka usaha restoran di gerai Kartika Sari Dago dan Buahbatu. Restoran itu bernama Madame Sari. Tidak hanya itu, Kartika Sari membuka sebuah kafe bernama Morenos. Kafe ini bisa menjadi tempat istirahat sejenak bagi para pelanggan yang sedang belanja oleh-oleh. *

Kartika Sari Bandung 

  • Jl. H. Akbar no. 4 Kebon Kawung – Bandung No Telp. 022 4231355 – 4200441
  • Jl. Ir. H. Djuanda no. 85 Bandung No Telp 022 2509500
  • Jl. Kebon Jukut no. 3C Bandung No Telp. 022 4230397
  • Jl. Buah Batu no. 165 A Bandung No Telp. 022 7319385
  • Jl. Kopo Sayati no. 111 A Bandung No Telp. 022 5414340
  • Jl. Terusan Jakarta no. 77E Bandung No Telp. 022 7101280
  • Jl. Raya Timur no. 518 Cimahi No Telp 022 6656280
  • MADAME SARI Restaurant :
    Jl. Ir. Juanda no 85 No
    Telp 022-2509495
  • Jl. Buah Batu no. 165 A No Telp 022-7318485
  • Jakeju – Pusat Jajanan Kuliner Bandung :
    Jl. Kebon Jukut no.3c-e
    No Telp 022-4221975

SUMBER: http://ncc-indonesia.com/2014/10/kisah-sukses-ufs-kartika-sari/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

One thought on “Kartika Sari Mulai Diperkenalkan pada 1984

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.