Kampung Sunda di Kampung Buyut Cipageran yang Mempesona

Kampung Sunda di Kampung Buyut Cipageran Kabuci Cimahi adalah tempat wisata di Jalan Kolonel Masturi KM.3, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi. Lokasinya dekat dengan Kafe Kupu-kupu.

Kampung Sunda ini memiliki areal seluas 2.5 hektare. Tadinya area tersebut merupakan perkebunan biasa. Baru pada 2011, pemilik lahan mengubah areal tersebut menjadi tempat wisata berkonsep kampung Sunda. Tempat tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Kampung Buyut.

Di kampung itu dibangun saung-saung khas Sunda. Untuk meramaikan kampung sering digelar atraksi kesenian, sperti pencak silat, angklung, jaipongan, dan lain-lain.

Pada 2015, tempat wisata ini diperluas menjadi sebuah kawasan konservasi alam, pusat seni, budaya, dan tempat wisata edukasi. Namun, unsur budaya Sundanya tetap melekat. Nama Buyut tetap dipertahankan karena kawasan ini adalah tanah leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan.

kampung sunda
Kampung Buyut Cipageran Kabuci Cimahi adalah tempat wisata di Jalan Kolonel Masturi KM.3, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi. Lokasinya dekat dengan Kafe Kupu-kupu. | Foto https://tempatwisatadibandung.info/kampung-buyut-cipageran-kabuci-cimahi/

Yang menarik di sini banyak jenis tumbuhan. Sebagai konservasi alam, kampung ini bakal ditanami varietas tanaman langka.

Kampung Sunda yang Menyediakan Workshop

Kampung Buyut Cipageran Kabuci Cimahi menyediakan tempat workshop untuk membuat alat–alat musik dari bambu. Pengelolaannya dilakukan bersama Indonesia Bamboo Community (IBC). IBC adalah komunitas pecinta seni dan budaya yang para anggotanya memiliki keahlian membuat produk berbahan pohon bambu. Satu di antaranya alat musik angklung.

Di Kampung Buyut Cipageran Kabuci Cimahi terdapat area outbound. Fasilitasnya sudah tersedia di sana, satu di antaranya adalah Kabuci Archery. Permainan seperti membajak sawah, berkebun, dan memanen sayuran pun tersedia.

Bagi yang ingin kemping di sana juga ada camping ground yang luas. Kemping di alam tersebut dekat perkampungan Sunda memberikan pengalaman tersendiri bagi yang melakukannya.

Tiket masuk kamping wisata Kabuci Rp 10.000 per orang. Harga tersebut kemungkinan telah berubah sesuai kebijakan pengelola. Tempat wisata ini buka pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap silakan hubungi (022) 20661992.

Bahan tulisan tempatwisatadibandung.info

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.