Kampung Lukis Jelekong adalah kampung wisata yang mengandalkan perajin lukisan. Lukisan-lukisan buatan perajinan kampung ini terkenal karena harganya terjangkau dan berkualitas. Peredarannya pun merambah Jakarta, Bali, Sumatra, dan tentu saja Bandung.

Warga Jelekong mulai mengenal seni lukis sejak 1969. Namun mulai terkenal menjadi kampung pelukis awal 1980-an setelah mulai banyak yang memesan lukisan dan sudah tak bisa terlayani lagi.

Sayangnya, pamor kampung lukis Jelekong meredup ketika tempat wisata lain yang kekinian bermunculan. Belum lagi pelukis di sini kesulitan untuk menemukan bahan baku yang harganya terjangkau sekaligus berkualitas. Sebaliknya harga lukisan tidak bisa menyesuaikan dengan harga bahan yang terus merangkak naik.

Menyadari hal tersebut, para pelukis di Kampung Lukis Jelakong, Jalan Giriharja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, ini membemtuk komunitas. Sebanyak 600 pelukis bergabung dalam Komunitas Gurat yang memperjuangkan keberadaan pelukis-pelukis di kampung tersebut.

Wisata 3D di Kampung Lukis Jelekong

Komunitas Gurat juga yang membangun tempat wisata 3D mini di kawasan kampung tersebut. Sebuah tempat wisata kekinian yang mrenawarkan spot foto berupa lukisan 3D karya pelukis Komunitas Gurat. Berbeda dengan tempat wisata sejenis, di sini pengunjung bisa mendapatkan workshop singkat melukis di atas kanvas.

Iyus (43), satu di antara pendiri Komunitas Gurat, bersyukur komunitas tersebut terbentuk. Komunitas ini, katanya, memberikan semacam vitamin kepada pelukis untuk terus berkarya.

Kampung Lukis Jelekong
Perajin lukisan di Kampung Lukis Jelekong. | Foto serbabandung.com

Iyus yang ditemui di Wisata 3D Mini Gurat Jelekong, Sabtu (2/2/2019), mengatakan tempat wisata 3D yang mereka bangun pun bukan semata-mata untuk menarik keuntungan, tetapi lebih itu untuk menujukkan ekstensi para perajin.

Iyus tidak menutup mata bahwa tempat wisata itu telah membantu pemasukan perajin di sana. Lebih dari itu, kini kata Iyus banyak berdatangan pesanan untuk melukis. Tak hanya melukis di tas kanvas, tatapi juga mereka melayani mural. Mural-mural buatan para pelukis Jelekong ini bisa dilihat di Wisata 3D Mini Gurat Jelekong.

Sebulan yang lalu, kata Iyus, teman-temannya mengerjakan proyek mural di kawasan Lembang. Dalam waktu dekat pesanan lain harus mereka kerjakan di Papua. “Berkah buat kami. Semoga ini bisa membantu para perajin di sini,” kata Iyus.

Workshop melukis yang mereka berikan di tempat wisata pun diharapkan mendatangkan keuntungan. Tak hanya memberikan pelatihan singkat, mereka bisa melatih yang berminat hingga bisa.

“Bisa beberapa hari belajarnya. Tergantung keinginan peminat. Kami akan melayaninya,” kata Iyus.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.