Kampung Bamboo, Wisata Alam Mengenal dan Menjaga Bambu

TAK jauh dari Saung Angklung Udjo, sekira 4 Km dari sana, terdapat tempat wisata yang menawarkan kenyamanan, kesejukan, dan alami. Tepatnya di Jalan Padasuka km 4, Cimenyan Bandung. Tak jauh dari Terminal Bus Antarkota Cicaheum. Nama tempat wisata tersebut Kampung Bamboo.

Lokasinya mudah dicapai, pengunjung bisa terus mengikuti Jalan Padasuka terus ke atas. Setelah melewati Polsek Cimenyan dan melewati SD negeri belok kanan ke arah jalan yang agak menurun. Di sana sudah bisa terlihat lapangan rumput menghijau, dikelilingi pohon bambu, pinus, dan cangkring. Sebuah kolam menghiasi dan beberapa saung tampak terlihat di kawasan tersebut.

Kampung Bambu Wa Haji begitu orang sana menyebutnya. Pendiri tempat wisata ini adalah H. Dedy Jumardi atau akrab disebut Wa Haji yang mulai merintis sejak 2006 dan resmi dibuka pada 2007.

Kampung Bamboo
Kampung Bamboo. | Foto kampungbamboocimenyan.blogspot.co.id

Tempat wisata ini memiliki konsep “outbond, pendidikan lingkungan, dan konservasi bambu”. Luas Kampung Bamboo 7 hektare. Di sana tersedia sarana untuk pendidikan lingkungan, outbound, camping, dan konservasi bambu.

Pengunjung bisa menikmati pengalaman fasilitas seperti high impact, flying fox, low impact, ice breaking, dan fun games. Ada juga ragam permainan tradisional dari bahan bambu, seperti menyebrangi sebatang bambu di atas kolam serta bermain rakit dari bambu.

Mengenal Karinding di Kampung Bamboo

Wisata edukasi yang bisa diperoleh di sini adalah belajar mebuat kerajinan yang ramah lingkungan, mulai dari daur ulang kertas, olah tanah liat hingga menanam pohon bambu. Cara tersebut selain memperkenalkan kegunaan bambu juga mengajak pengunjung unuk menjaga lingkungan hidup.

Bagi pengunjung yang hobi bermain musik, bisa berkenalan dengan alat musik yang terbuat dari bambu, yakni karinding. Karinding adalah alat musik yang biasa digunakan dalam upacara adat. Sekarang karinding juga sudah dipakai oleh grup band.

Di Kampung Bamboo disediakan area camping. Kemping di perbukitan di kawasan Bandung Timur bisa memberikan pengalaman yang menarik buat pengunjung. Pengelola Kampung Bamboo memberikan jaminan bahwa area kemping tersebut aman. *

Foto http://kampungbamboocimenyan.blogspot.co.id/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.