Jalan ke Dusun Bambu, Bisa Lewat Ledeng dan Cimahi

Jalan ke Dusun Bambu ada dua alternafif. Pertama, bisa melalui rute dari Jalan Setiabudi. Adapun rute yang kedua bisa melalui Cimahi mengambil Jalan Kolonel Masturi yang tak jauh dari Alun-alun Cimahi.

Jalan ke Dusun Bambu melalui Jalan Setiabudi adalah jalan yang paling banyak dipilih para pengunjung Dusun Bambu. Dari Jalan Setiabudi, pelancong bisa belok ke Jalan Sersan Bajuri. Jalan ini berada di sebrang Terminal Ledeng. Ikuti jalan ini sampai bertemu Jalan Kolonel Masturi, dekat Vila Istana Bunga.

jalan ke dusun bambu
Dusun Bambu Jalan Kolonel Masturi KM 11
Cisarua, Bandung Barat. | Foto dusunbambu.com

Di Jalan Kolonel Masturi, pelancong akan melihat Kampus Universitas Advent. Ikuti jalan itu dan selanjutnya belok kanan ke arah Curug Cimahi. Dari Curug Cimahi kira-kira 300 meter di sebelah kanan jalan ada gapura bertuliskan “Komando”. Masuk ke arah gapura itu. Kira-kira 500 meter dari sana pintu gerbang Dusun Bambu sudah mulai terlihat.

Jalan ke Dusun Bambu lainnya bisa melalui Cimahi. Jika pelancong dari Bandung, bisa mengambil Jalan Sudirman, lurus terus ke Jalan Raya Cibeureum. Dari sana belok ke Jalan Gatotsubroto, ke Jalan Gedung Empat, dan belok lagi ke Jalan Gandawijaya untuk sampai ke Jalan Amir Mahmud tempat Alun-alun Cimahi berada.

Tak jauh dari Alun-alun ada Jalan Kolonel Masturi. Pelancong tinggal kurus mengikuti jalan ini yang menanjak kira-kira 11 km ke arah Curug Cimahi. Kira-kira 300 meter dari jalan ke curug tersebut ada gapura bertuliskan “Komando”. Pelancong tinggal masuk ke jalan itu. Gerbang Dusun Bambu hanya 500 meter saja dari sana.

Hanya Ada Dua  Jalan ke Dusun Bambu

Dari dua jalan ke Dusun Bambu tersebut tidak ada lagi jalan umum untuk menuju ke tempat wisata tersebut.

Kawasan Dusun Bambu adalah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dalam bentuk konservasi bambu konsep 7E yang terdiri dari Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika, Estetika, dan Entertainment. Dengan konsep 7E ini Dusun Bambu berharap menjadi ekowanawisata pertama di Jawa Barat.

Dusun Bambu berdiri di lahan seluas 15 hektare di bawah kaki gunung Burangrang. Pada 2008-2011, arsitek hijau, Oky Kusprianto, merancang Dusun Bambu tidak hanya indah secara estetika tetapi juga memiliki konsep green.

Pada 2012 proses konstruksi pun mulai berjalan, kontraktor dan puluhan landscaper menciptakan sebuah simponi yang indah antara alam dan arsitektur. Dusun Bambu dibuka pada 16 Januari 2014.

Sebagian bahan dan foto diambil dari dusunbambu.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.