Hotel Lingga di Jalan Soekarno Hatta Dulunya Bernama Wisma Lingga

HOTEL Lingga di Jalan Soekarno Hatta merupakan hotel yang pertama hadir di kawasan Batununggal. Hotel ini berdiri pada 1989. Saat itu gedung yang dibangun bukan untuk hotel melainkan untuk wisma. Saat itu memang pengelola berniat untuk membangun sebuah wisma bukan hotel.

Wisma Lingga memiliki fasilitas sebuah ruang rapat/pertemuan yang sering disebut Aula Madya (Lingga Wiwitan). Aula ini bisa menampung 100–300 tamu. Wisma ini membangun 14 unit kamar yang menyediakan tempat tidur untuk 42 tamu. Di sini juga terdapat sebuah lapangan tennis indoor yang sudah ada sebelum wisma berdiri.

hotel lingga
Hotel Lingga di Jalan Soekarno Hatta. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Berbarengan dengan pembentukan badan hukum CV Wisma Lingga pada 11 Juli 1989, Wisma Lingga pun berubah nama menjadi Hotel Lingga. Pemerintah Kota Bandung memasukkan Hotel Lingga dalam kelas hotel Melati 3.

Pada Agustus 1989 Hotel Lingga mulai direnovasi dengan menambah fasilitas tambahan. Jumlah dan jenis kamar ditambah. Kemudian membangun gedung pertemuan berkapasitas 500-1000 undangan, serta ruangan kelas. Untuk penambahan fasilitas menggunakan lahan lapangan tennis indoor. Pada 1 November 1989 fasilitas tambahan rampung.

Untuk memberikan kenyamanan pada konsumen, Hotel Lingga terus berbenah. Mereka melakukan program renovasi bertahap, memanfaatkan waktu low session pada Ramadan. Program itu berlangsung dari1990 hingga 2008.

Kamar yang tersedia di hotel ini adalah Iris (single bed), Rose (double/twin single bed), Jasmine (double bed), Daisy (double bed), Orchid (double bed), Tulip (twin double bed), Lily (twin double bed), Chrysant (twin double bed), dan Cherry Blossom (twin double bed).

Cikal bakal Hotel Lingga adalah sebuah guest house bernama Lingga Guest House di Jalan Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung. Guest house itu berdiri di bekas hotel yang dibeli pada 1984. Pembangunan guest itu merupakan diversifikasi usaha tambahan Manajemen Lingga Group yang bergerak dalam usaha Kontraktor, Percetakan dan Perdagangan Umum.

Manajemen Lingga Group melihat market share convention hotel cukup potensial sebagai alternatif usaha dalam bidang kontraktor dan percetakan. Keputusan itu terbukti tepat. Pertumbuhan bisnis hotel benar-benar bisa mengambil alih posisis menjadi bisnis utama Lingga Group. *

Kamar yang Tersedia di Hotel Lingga

  • Iris (single bed)
  • Rose (double/twin single bed)
  • Jasmine (double bed)
  • Daisy (double bed)
  • Orchid (double bed)
  • Tulip (twin double bed)
  • Lily (twin double bed)
  • Chrysant (twin double bed)
  • Cherry Blossom (twin double bed)

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.