Hejoan di Jalan Malabar Banyak Berjejer

BUTUH aksesori militer atau polisi? Datang saja ke Jalan Malabar, Kota Bandung. Pedagang yang khusus menjajakkan hejoan di Jalan Malabar ini ini berejejer mulai dari Jalan Malabar  hingga ke Jalan Kembang Sapatu dan Terate.

Berbagai aksesori militer terdapat di sini. Mulai dari sepatu, pangkat, baju, ponco, sabuk, hingga  jas. Namun tidak semua bisa dijual secara bebas. Pedagang biasanya menanyakan kartu anggota (KTA) kepada pembeli jika membeli yang tidak boleh dijual bebas, seperti seragam.

Produk-produk yang dijual di kawasan Malabar merupakan pasokan konveksi yang berada di Bandung, dan Tasikmalaya. Para pedagang harus memiliki  izin dari pemerintah untuk menjual produk-produk itu.

Tak hanya untuk aksesori TNI/Polri di sini juga dijual aksesori model Army Look. Bahkan ada juga celana, baju, dan jaket hujan bergaya militer yang bisa dimiliki siapa pun. Biasanya warna dan lorengnya bukan yang biasa digunakan untuk TNI.

Jika belum pernah ke sini tidak sulit menemukan para pedagang hejoan ini. Posisinya tidak jauh dari pintu kereta api Jalan Ahmad Yani. Dari arah Pasar Kosambi tinggal lurus, lalu pelankan kendaraan sebelum melintasi rel kereta api.

Tempat Hejoan di Jalan Malabar dekat Kawasan Pasar Kosambi

Pedadang aksesori TNI/Polisi di Jalan Malabar Bandung | Foto serbabandung.com
Pedadang hejoan  di Jalan Malabar Bandung | Foto serbabandung.com

Jika dari arah Jalan Palasari, tinggal lurus saja ke Jalan Malabar. Pedagang hejoan ini akan terlihat berjejer sebelum pertigaan Jalan Ahmad Yani (Kosambi)-Malabar. Tinggal cari tempat parkir yang aman, kemudian silakan untuk berbelanja, dan memlihnya sesuai selera.

Kawasan ini sudah ada sejak 1950. Mereka berjualan bukan seperti sekarang memiliki jongko  tapi di emper-emper trotoar Jalan Ahmad Yani. Kawasan ini terus berkembang hingga  akhirnya pada 1994,  pemerintah memindahkan pedagang ke Jalan Malabar.

Sekarang Jalan Malabar pun dikenal dengan nama hejoan. Warga yang membutuhkan segala sesuatu yang berbau militer tinggal datang ke sini. Tidak hanya untuk TNI/Polri, di sini juga dijual aksesori untuk Satmpa, pramuka, atau organisasi masyarakat. *

SEBAGIAN BAHAN DIAMBIL DARI http://news.detik.com/bandung/read/2009/03/15/083656/1099532/686/memburu-jas-hujan-army- look-di-malabar

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.