BANDUNG adalah kota spesial bagi masyarakat di Indonesia. Udaranya yang sejuk hingga fasilitas penunjang kehidupan yang lengkap, menjadi alasan masyarakat untuk berbondong-bondong pindah dan beraktivitas di kota tersebut. Namun, harga properti jual rumah di Bandung yang semakin meninggi seakan menghambat niat masyarakat untuk menetap di sana.

Melihat permasalahan seperti itu, satu-satunya cara masyarakat yang ingin tinggal di kota kembang dan memiliki permukiman dengan banderolan harga yang terjangkau adalah dengan mengalihkan pencarian properti ke wilayah-wilayah penyanggah Bandung atau kota satelit.

Portal properti global, Lamudi.co.id, mengatakan masih ada sejumlah wilayah penyanggah yang terletak tidak terlalu jauh dari kota Bandung yang menghadirkan harga jual rumah yang cenderung bersahabat.

Wilayah-wilayah tersebut bisa dikatakan merupakan wilayah berkembang dengan didukung fasilitas dan aksesibilitas yang menunjang menuju pusat kota Bandung. Setidaknya ada 3 wilayah penyanggah yang diketahui menyediakan hunian-hunian yang tidak kalah bagusnya dengan yang ada di kota Bandung.

Harga Properti di Cimahi

harag properti
Ilustrasi Rumah Murah

Jika ditelusuri secara jarak ke pusat kota Bandung, kawasan Cimahi merupakan pilihan terdekat bagi Anda yang sedang mencari tempat tinggal di wilayah penyanggah kota Bandung. Sekiranya, waktu tempuh yang dibutuhkan bisa kurang dari satu jam melalu jalan besar ke pusat kota Bandung.

Sekalipun kawasan ini berada di Kabupaten Bandung, Cimahi justru lebih dahulu berkembang sebelum lahirnya nama Bandung sebagai pusat bisnis dan perkantoran. Dalam sejarah Provinsi Jawa Barat, Cimahi merupakan Ibu kota terdahulu Jawa barat sebelum dipindahkan di Kota Bandung.

Meskipun merupakan kawasan yang telah lama berkembang, harga hunian di kawasan tersebut diketahui lebih rendah dibanding harga jual rumah Bandung yang semakin meninggi. Jika dilihat dari demografi penjualan rumah, baik di Cimahi ataupun jual rumah Bandung, didominasi oleh hunian-hunian secondary di kawasan padat penduduk.

Harga Properti di Padalarang

Berlokasi sedikit lebih jauh dari wilayah sebelumnya, Padalarang turut menyajikan proyek-proyek alternatif di kawasan penyanggah. Sama seperti Cimahi, Padalarang yang terletak di Kabupaten Bandung Barat memiliki aksesibilitas sangat prima ke pusat kota Bandung melalui jalan besar jalan tol Purbaleunyi.

Tidak hanya rumah secondary, ketersediaan lahan yang cukup banyak di sana membuat beragam proyek jual rumah Bandung alternatif di area penyanggah terus dikembangkan khususnya untuk hunian baru.

Sebut saja salah satu kompleks jual rumah Bandung barat yang menawarkan kawasan hunian modern, Kota Baru Parahyangan. Sejak dikembangkan pada 2002, hingga saat ini penyediaan hunian baru pun tetap dilangsungkan mengingat permintaan hunian modern dari kalangan keluarga-keluarga baru yang semakin bertambah di kota Bandung.

Harga Properti di Sumedang

Jika dua wilayah sebelumnya terletak di Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, Sumedang tentu berbeda dikarenakan letaknya yang berada di timur Kota Bandung.

Di antara wilayah-wilayah pada Kabupaten Sumedang, Jatinangor adalah wilayah paling realistis dan disarankan dikarenakan aksesibilitas dan jarak menuju pusat kota Bandung. Selain itu, ketersediaan hunian baru dan secondary di sana tergolong cukup besar. Hal ini mengingat pengembangan-pengembangan properti yang disebabkan oleh label kawasan pendidikan di kawasan tersebut.

Harga hunian termurah yang dibanderol tergolong cukup bersaing untuk kalangan pendapatan menengah ke bawah yang mana cocok untuk keluarga muda yang belum sempat meminang proyek-proyek jual rumah Bandung di perkotaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *