Gudeg, Makanan Khas Jogja yang Mudah Dicari di Bandung

Gudeg adalah makanan khas Jogja. Namun di Bandung ternyata banyak juga penjualnya. Tak hanya kelas restoran, tetapi yang kelas pedagang kaki lima pun banyak dan mudah dicari. Gudeg yang di Bandung lumayan terkenal adalah Gudeg Banda, Gudeg Kranggan, dan Gudeg Yu Nap.

Makanan khas Jogja ini adalah makanan terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna cokelat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Biasanya disajikan sebagai lauk dengan nasi putih. Harganya tergantung tambahan lauk seperti semur telor, opor ayam, atau hanya gudeg saja.

Gudeg Yogya di Jalan Terusan Buahbatu termasuk yang enak. Namanya Gudeg Mas Ndakir Meskipun berjualan di tenda di tepi jalan rasanya bisa dibandingkan dengan gudeg yang ada di kota ini. Penjual makanan khas Jogja ini tak jauh dari tol Buahbatu. Biasanya penjualnya akan menawarkan tambahan lauk pada pembelinya seperti semur telur atau opor ayam. Selain gudeg di sini berjualan ayam penyet. Bukanya setiap pagi hingga siang.

makanan khas jogja
Gudeg Jogja Mas Ndakir di Jalan Terusan Buahbatu. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Gudeg yang jualannya di tenda kaki lima terdapar di Jalan Malabar. Penjualnya mendirikan tenda dekat Taman Pers Malabar. Bukanya biasanya pada siang hari. Tenda gudeg di sini berjejer dengan pedagang kuliner lainnya.

Makanan Khas Jojga Gudeg Banda

Penjual gudeg lainnya adalah Gudeg Banda di Jalan Lombok. Gudeg ini telah menjadi favorit karena rasanya yang tidak terlalu manis seperti gudeg asli dari tempat asalnya. Sebelum jualan di Jalan Lombok gudeg ini membuka kedai kecil di Jalan Banda. Kemudian sempat pindah ke sebelahnya. Meski pindah-pindah, gudeg ini tetap diburu pembeli.

Di Jalan Cipta Graha Raya No.01, Sukaraja, Pasteur, ada Gudeg Yu Nap. Bukanya mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Dalam lamannya disebutkan Gudeg Yu Nap selalu menjaga warisan kekayaan tradisi kuliner nenek moyang. Mereka tetap menggunakan resep gudeg peninggalan leluhur.

Gudeg Bu Djoko di Jalan Bengawan No. 35 jangan terlewatkan. Kedai di sini khusus menyajikan hidangan gudeg enak dan halal.

Gudeg Yogya Sari Rasa pun tak rugi untuk dicoba. Warung kaki lima ini selain menjual gudeg juga menyediakan rending dan bacem. Gudeg Yogya Sari Rasa lokasinya berada di Jl. Sultan Agung Tirtayasa.

Gudeg Kapitol di Jl. Jenderal Sudirman, tepat di samping Hotel Perdana Wisata, juga menjadi favorit. Sebuah gerobak dorong gudeg ini selalu dipenuhi pelanggannya.

Gudeg Kranggan bisa disebut legendaris di Bandung karena  sudah ada sejak lama. Makanan khas jogja ini disajikan dengan ayam kampung yang masih dimasak secara tradisional menggunakan kayu bakar. Gudeg Kranggan berada di sekitar Karang Setra.

Kalau berkenan silakan tambahkan gudeg favorit di kotak komentar di bawah ini. Terima kasih. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.