Gereja Katedral di Jalan Merdeka

Gereja Katedral St. Petrus merupakan salah satu cagar budaya yang dimiliki Kota Bandung. Gereja ini berdiri megah di Jalan Merdeka, tak jauh dari Markas Polisi Resor Kota Besar (Mapolretabes) Bandung. Bersebrangan dengan Taman Vanda.

Gereja ini perancangnya seorang arsitek kenamaan, yaitu Ir. C.P. Wolff Schoemaker. Schoemaker membangun gereja ini bersama ahli bangunan M. Kunst. Bangunan ini bergaya arsitektur Neogothic, denah bangunannya berupa salib simetris.

Gereja Katedral St. Petrus di Jalan Merdeka Bandung. | Foto serbabandung.com serbabandung
Gereja Katedral St. Petrus di Jalan Merdeka Bandung. | Foto serbabandung.com serbabandung

Arsitek asal Belanda ini banyak menghasilkan gedung-gedung bernuansa Eropa di kota ini, seperti Gereja Bethel di Jalan Wastukencana, Masjid Cipaganti, Bioskop Majestic, Hotel Preanger, Sociëteit Concordia (Gedung Merdeka), Gedung Asia Afrika, Villa Isola, dan Gedung PLN Bandung.

Pembangunan gereja ini berlangsung sepanjang tahun 1921. Tahun berikutnya, tepatnya pada 19 Februari 1922, gereja ini diberkati sekaligus diresmikan oleh Mgr. Luypen. Gereja ini dipersembahkan kepada Santo Petrus, yang merupakan nama permandian Pastor P.J.W. Muller, SJ.

Lahan sekarang tempat berdirinya gereja ini dulunya merupakan lahan peternakan di sebelah Timur Gereja St. Franciscus Regis, di Merpikaweg (kini jalan Merdeka). Gereja St. Franciscus Regis merupakan cikal bakal pendirian Gereja Katedral. Kemudian gereja itu dijadikan gedung Perkumpulan Sosial Katolik.

Dua tahun kemudian, di Javastraat (Jalan Jawa), berdiri gedung sekolah Katolik untuk putra, St. Berchmans di sebelah Timur Gereja St. Petrus. Bangunan sekolah itu sekarang digunakan oleh SD St. Yusup II.

Gereja Katedral disebutkan dalam Buku Kenangan 80 Tahun Gereja Katedral St. Petrus – Bandung, dibangun untuk menggantikan gereja pertama yang berukuran hanya 8 x 21 meter di Schoolweg, sekarang Jalan Merdeka.

Gereja bernama St. Franciscus Regis ini tak jauh dari gudang kopi milik Pemerintah Kolonial Belanda. Sekarang gudang kopi tersebut jadi Kantor Pemerintahan Kota Bandung. St. Franciscus Regis diberkati oleh Mgr. W. Staal pada 16 Juni 1895. *

Bahan Tulisan:

Buku Kenangan 80 Tahun Gereja Katedral St. Petrus – Bandung

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.