Gedung YPK Naripan, Koran Pertama Lahir di Sini

GEDUNG tempat pentas seni Sunda juga ada di Jalan Naripan. Namanya Gedung  YPK Naripan (Yayasan Pusat Kebudayaan). Gedung ini tidak jauh dari persimpangan Jalan Naripan, Jalan ABC, dan Jalan Braga.

Di Gedung ini sering menjadi ajang  pertunjukan seni seperti wayang golek, lagu, pentas tari tradisional Sunda, teater, lomba, pameran lukisan, atau seni Sunda.

Pada tahun 1980-an gedung kesenian ini pernah disewakan kepada masyarakat umum untuk menyelenggarakan hajatan pernikahan. Malah, sebagaian ruangannya pernah digunakan untuk restoran.

Dari masa ke masa bangunan seluas 2.000 meter persegi ini tidak pernah sepi dari aktivitas. Gedung YPK juga sering digunakan untuk latihan kesenian, seminar, kongres, pertemuan sastrawan, diskusi kebudayaan, acara perpisahan.

Seniman terkenal yang pernah merasakan pentas di sini adalah  Bing Slamet, Upit Sarimanah, Ade Kosasih, Asep Sunandar, dan lainnya.

Gedung ini juga menjadi saksi bisu perkembangan pers di Kota Bandung. Bahkan cikal bakal koran pribumi pertama diterbitkan di sini. Pada 1904 di sini dibukan kantor badan hukum NV Javaansche Boekhandel en Drukkerij en handel in schrijfbehoeften. Badan hukum yang dibuat oleh RM Tirto Adhi Soerjo (1878-1918) menerbitkan koran “Medan Prijaji”.

Koran ini diterbitkan dalam bahasa Malayu. Mulai terbit pada  1907. Koran ini tadinya  koran mingguan. Penyebarannya sampai ke luar Bandung. Tiga tahun kemudian Medan Prijaji terbit Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu. Kecuali pada  Jumat, Minggu, dan hari-hari besar.

Bung Karno Sering Sidang di Gedung YPK Naripan

Pada 1930-an, para tokoh politik nasional seperti Bung Karno dan kawan-kawan sering mengadakan vergadering (sidang) di gedung ini. Pada zaman Belanda gedung ini digunakan untuk Societet (Balai Pertemuan). Dulu namanya bukan YPK tapi Ons Genoegen.

Kantor Surat kabar Warta Bandung dan Majalah Sunda juga pernah bermarkas di salah satu ruangan  di YPK.  Pada periode 1960-1990 beberapa koran di Bandung pernah menjadikan gedung ini sebagai gedung redaksi, antara lain Berita Bandung, Harian Berdikari, dan Bandung Pos. *

Sumber: wisatabdg.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.