Gedung Sarinah Bakal Jadi Hotel Bintang 4

PADA 1980-an orang Bandung masih bisa menikmati yoghurt di tepi Jalan Braga. Teras Department Store  Sarinah yang dijadikan semacam restoran  menjadi tempat kongko-kongko warga yang sekaligus ingin menikmati sejuknya udara kota kembang. Tahun 80-an meskipun jalan Braga sudah ramai tapi tidak sepadat sekarang. Sekarang gedung Sarinah yang dibangun pada 1962 itu sudah dirubuhkan rata dengan tanah. Hanya latar depannya yang dipertahankan. Dua tahun lalu tulisan Sarinah yang khas masih  menempel di dinding itu, namun sekarang sudah tak ada lagi tulisan itu.

Sarinah merupakan bangunan cagar budaya berdasarkan UU No 11 Tahun 2010 dan Perda No 19 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya.

PT Sarinah (Persero) sang pemilik gedung itu akan membangun boutique hotel di lahan tersebut. Hotel itu nantinya  merupakan bintang 4.  Sarinah akan menggelontorkan dana mencapai Rp 90 miliar untuk menuntaskan proyek tersebut.

Bekas Gedung Sarinah di Jalan Asia Afrika Bandung | FOTO serbabandung.com.
Bekas Gedung Sarinah di Jalan Asia Afrika Bandung | FOTO serbabandung.com.

Dalam laman tribunnews, pihak PT Sarinah (Persero)  menargetkan hotel ini mulai beroperasi tahun ini (2015). “Rencana secepatnya kita selesaikan pembangunan,” ujar Direktur Utama Sarinah Mira Amarhosea seperti dikutip Tribunnews, Kamis (20/2/2014).

Jumat (3/4/2015) pembangunan itu masih terus berlangsung. Seng putih menutupi area pembangunan. Sementara pegawai tengah mengecat dinding yang warna putihnya mulai pudar. Seperti gedung-gesung lainnya di kawasan itu, Gedung Sarinah juga dipercantik oleh pegawai-pegawai di sana.

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang menempati gedung setinggi 74 meter dan 15 lantai di Menteng, Jakarta. Gedung ini mulai dibangun pada 1963 dan diresmikan pada 1967 oleh Soekarno. Soekarno  membuat pusat perbelanjaan ini untuk memenuhi kebutuhan rakyat mendapatkan barang-barang murah tapi dengan mutu yang bagus.

Nama Sarinah berasal dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil. Soekarno menggagas pusat perbelanjaan serba ada setelah melakukan lawatan ke sejumlah negara yang sudah  memiliki pusat belanja modern. *

Sumber: http://m.tribunnews.com/bisnis/2014/02/21/sarinah-targetkan-pembangunan-hotel-selesai-tahun-ini
http://m.merdeka.com/peristiwa/sarinah-riwayatmu-kini.html
http://m.detik.com/finance/read/2012/07/26/131034/1975457/1016/
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sarinah

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.