SMK Telkom, Dulu Gedungnya Milik Ny Brochet

GEDUNG peninggalan Belanda yang masuk dalam cagar budaya di Jalan Palasari adalah bangunan yang kini menjadi SMK Telkom (dulu SMK Pariwisata Sandhy Putra). Konon gedung ini sebelumnya digunakan untuk rumah sakit.

Pada 1950-an gedung ini digunakan untuk sekolah dan asrama Jawatan P.T.T (Jawatan Pos, Telegrap dan Telepon). Pemiliknya adalah seorang nyonya berkebangsaan Belanda  yang bernama Ny. Brochet.

Dalam sebuah blog milik Soetisna, seorang pensiunan P.T.T, soetisnapensiunanposdangiro.wordpress.com, disebutkan bahwa Ny. Brochet adalah pimpinan asrama Palasari ini. Brochet yang merupakan orang Belanda digambarkan sebagai orang yang tidak terlalu tinggi, namun badannya besar.

Soetisna, yang merupakan peserta pendidikan  angkatan tahun 1952/1954, ini juga mendeskripsikan keadaan gedung pada masa itu. Soetisna melukiskan sebuah ruangan yang merupakan ruang makan asrama. Disebutkan ruangan itu memiliki ukuran yang sangat besar.

SMK Pariwisata Shandy Putra di Jalan Palasari Bandung | Foto serbabandung.com
SMK Telkom  di Jalan Palasari Bandung | Foto serbabandung.com

Menurut Soetisna  kamar-kamar di asrama Palasari itu  juga cukup besar, di sana bisa menyimpan 4  ranjang susun, 8  lemari kecil, 8  meja dan kursi, 8  kapstok dan 4 rak anduk.  Ada lampu  yang dipasang di tengah ruangan,  di atas tiap meja belajar, dipasang pula lampu masing-masing.

Setelah bertahun-tahun gedung tersebut menjadi milik perusahaan Jawatan P.T.T dan sekitar tahun 1977 perusahan tersebut berganti nama menjadi Perumtel (Perusahaan Umum Telekomunikasi) dan di tahun 1986 berganti nama lagi menjadi PT. Telekomunikasi Indonesia.

SMK Telkom Dulunya Bernama SMK Pariwisata Sandhy Putra

Pada 1990 gedung itu resmi ditempati Sekolah Menengah Industri Pariwisata Sandhy Putra Bandung. Peresmiannya dilakukan Mentri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi saat itu Soesilo Soedarman pada 3 Januari 1990.

Pada 7 Maret 1997 ada perubahan nomenklatur SMIP (Sekolah Menengah Industri Pariwisata) berubah menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) berdasarkan Surat Keputusan (SK)  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 036/0/1997, sejak saat itu Sekolah Menengah Industri Pariwisata  Sandhy Putra Bandung menjadi SMK Pariwisata Sandhy Putra Bandung. Kemudian berubah lagi menjadi SMK Telkom.*

Sumber: https://soetisnapensiunanposdangiro.wordpress.com/prakata/kenangan-manis-di-asrama/
http://smkparsandhyputrabdg.wix.com/sanput#!sejarah-sekolah/c1g48

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.