Gedung Bank BJB, Perobekan Bendera Terjadi Juga di Sini

PENULIS  Her Suganda melukiskan secara dramatis penyobekan Bendra Belanda di menara Gedung De Eerste Nederlands-Indische Spaarkas en Hypotheek Bank (Dennis Bank-sekarang Gedung Bank BJB) di Jalan Braga No 12 Bandung.

Dalam buku Wisata Parijs van Java, Moh Endang Karmas dan Mulyono berhasil memanjat tiang bendera di menara gedung itu. Bendera Belanda berkibar hingga Oktober membuat marah warga Indonesia, dan menimbulkan insiden tersebut.

Mantan Wartawan Kompas itu menulis kedua orang pemberani yang nekat itu hampir saja menjadi korban. Serdadu-serdadu Belanda yang menempati Savoy Homann membidikan senjatanya, lalu menembaki kedua pemuda tersebut.

Namun dengan gagah berani Endang Karmas, yang berada di bagian atas segera mencabut bayonet yang terselip di pinggangnya. Dia merobek warna bendera pada bendera itu, sehingga yang tersisa hanya warna merah dan putih dengan sedikit sisa warna biru.

Buku “Wisata Parijs Van Java” karya wartawan senior Kompas Her Suganda
Buku “Wisata Parijs Van Java” karya wartawan senior Kompas Her Suganda. 

Gedung De Eerste Nederlands-Indische Spaarkas en Hypotheek dengan gaya arsitektur art deco ini merupakan hasil rancangan AF Aalbers. Peletakan batu pertamanya dilakukan MEJ WBAN Googland pada 26 Juni 1936.

Bank BJB adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten berdiri pada 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT). Dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Saat ini Bank BJB memiliki 62 Kantor Cabang, 304 Kantor  Cabang Pembantu, 140 Kantor Kas, 987 ATM BJB, 103 Payment Point, 4 Kantor Wilayah, dan 473 Waroeng BJB. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk menjadi bank devisa sejak tanggal 2 Agustus 1990.

Pendirian BPD Jawa Barat dilatarbelakangi oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33/1960 tentang penentuan perusahaan di Indonesia milik Belanda yang dinasionalisasi. Salah satu perusahaan milik Belanda yang berkedudukan di Bandung yang dinasionalisasi adalah De Erste Nederlansche Indische Shareholding N.V., sebuah bank hipotek.

Pada Juli 2010, Bank BJB menjadi BPD pertama di Indonesia yang melantai saham di Bursa Efek Indonesia. *

Sumber: http://www.inilahkoran.com/read/detail/2060141/sejarah-yang-terlupakan-dari-gedung-bank-bjb
http://id.wikipedia.org/wiki/Bank_BJB

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

2 thoughts on “Gedung Bank BJB, Perobekan Bendera Terjadi Juga di Sini

  • 23/11/2017 at 6:02 AM
    Permalink

    Terimakasih atas informasinya, saya izin copas untuk tugas saya. Terimakasih:)

    Reply
    • 23/11/2017 at 5:05 PM
      Permalink

      Iya mangga silakan. Kalau bisa sebutkan sumbernya. Hatur nuhun.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.