Es Teler 77 Asal Jakarta yang Merambah Mal-mal di Bandung

Ingin  minuman dingin menyegarkan? Coba saja cicipi es teler. Es ini adalah khas Indonesia, merupakan minuman dingin yang terdiri dari campuran buah-buahan segar, nangka, alpukat, dan kelapa. Racikan sirup istimewa tidak hanya minuman ini manjadi manis tapi menambah kesegaran dan kelezatan minuman yang di atasnya ditaburi serutan es batu.

Sajian minuman menyegarkan tersebut mulai diperkenalkan Muniarti Widjaja saat memenangi lomba membuat minuman es yang menyegarkan di Jakarta pada 1981. Muniarti kemudian membuka warung tenda sederhana untuk lebih memperkenalkan minuman menyegarkan buatannya. Dia membuka tenda di pertokoaan Duta Merlin (sekarang Carrefour Harmony) di kawasan Jakarta Pusat.

Warung sederhana itu diberi nama Es Teler 77 oleh Muniarti. Usaha keluarga ini ditangani langsung oleh Murniati bersama suaminya Trisno Budijanto, anak dan mantunya, Yenny Setia Widjaja dan Sukyatno Nugroho. Pada 1987, Sukyatno Nugroho mewaralabakan Es Teler 77. Merek ini merupakan usaha makanan cepat saji asli Indonesia pertama yang menerapkan sistem waralaba.

es teler
Es Teler 77. | Foto youtube esteler77.com

Pada 1994, semua gerai Es Teler 77 dipindahkan dari kios ke mal dan pusat perbelanjaan lainnya. Konsep warung ini pun menjadi gerai cepat saji (fast food). Merek ini sudah merebak ke pelosok Indonesia dan mancanegara. Sudah ada 180 gerai di Indonesia, di Singapura, Malaysia dan Melbourne (Australia). Es ini dibaderol Rp 20.000 untuk medium dan Rp 26.364 untuk reguler.

Di Bandung, Es Teler 77 membuka gerai di beberapa mal terkenal. Di Trans Studio Mall, Jalan Gatot Subroto, sajian minuman dingin menyegarkan ini menempati Latantai 2 di food court mal tersebut. Gerainya buka setiap hari mengikuti jadwal buka mal tersebut, yakni pukul 10.00–22.00. Soal rasa sajian esnya tidak berbeda dengan gerai-gerai lainnya. Hanya saja di sini gerainya tidak terlalu besar.

Gerai Es Teler 77 di Bandung Indah Plaza berada di lantai dasar. Berada di sudut sebelah kiri dekat dengan gerai Rotiboy. Gerai minuman menyegarkan selalu penuh, kendati berada di sudut. Gerai ini buka setiap hari mulai pukul 10.00–22.00. Di Cihampelas Walk Ground Floor & 1st Floor, Young Street Unit SG-11, juga terdapat gerai yang menjual minuman menyegarkan tersebut.

Es Teler 77 di Bandung Timur

Bagi yang ada di Bandung Timur, tidak perlu jauh-jauh ke TSM atau ke BIP, karena di Bandung Timur Plaza Ground Floor, Jl. Raya Ujung Berung Kav. 46, pun berdiri gerai Es Teler 77. Gerai di sini buka setiap hari pukul 10.00–22.00. Agak jauhan sedikit bisa ke Carrefour Kiaracondong. Gerainya buka setiap hari. *

Bahan dari http://www.esteler77.com/tentang-kami/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.