Desa Ciburial adalah sebuah desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kawasan ini merupakan desa paling utara di Kabupaten Bandung. Desa Ciburial memiliki beberapa tempat wisata terkenal yang kerap dikunjungi para pelancong. Wisata di Ciburial beragam ada wisata kuliner, tempat bermain, dan wisata alam di desa yang memiliki wilayah ± 599,612 hektare ini.

Ciburial yang berada pada ketinggian antara 750 s.d. 1.200 m (dpl) ini memiliki produsen teh terkenal. Namanya Arafa Tea. Arafa Tea memproduksi teh premium. Selain itu mereka memproduksi olahan berbahan dasar teh hijau yang unik dan inovatif. Mereka membuat cokelat teh hijau, opak teh hijau, pelembab tubuh teh hijau, sabun teh hijau, dan masker wajah teh hijau. Alamat lengkap Arafatra di Jalan Bukit Pakar Timur No. 45 Ciburial, Dago Atas.

Tak hanya teh, tempat wisata di Ciburial yang menarik dikunjungi adalah Roemah Kopi. Roemah Kopi merupakan kafe tertua di kawasan Rancakendal Desa Ciburial. Menyediakan varian kopi dasar seperti espresso, capuccino, atau coffee latte. Roemah Kopi unggul pada sajian blended coffee. Menu andalannya adalah Copacabana, yaitu kopi dingin yang dicampur dengan eskrim rasa vanila atau King/Queen of Coffee yaitu campuran kopi, coklat, rum, dan susu.

Roemah Kopi menyediakan berbagai varian kopi dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu dari Makassar, Aceh, Bengkulu, hingga kopi Luwak yang berasal dari Pulau Jawa. Alamat lengkap Roemah Kopi
di Jalan Terusan Rancakendal No. 9, Desa Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Desa Ciburial Bersuhu 25°C 

Ciburial yang bersuhu udara rata-rata 25 °C dan curah hujan tahunan mencapai 0,29 mm/tahun, hutan lindung. Namanya Taman Hutan Raya Ir Juanda atau orang lebih mengenal Dago Pakar. Taman Hutan Raya yang dikelola Dinas Kehutanan (Balai Tahura) Provinsi Jawa Barat ini beralamat di Jalan Kompleks Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda No. 99 Dago Pakar
Desa Ciburial Kec. Cimenyan.

desa ciburial
Landscape malam di Desa Ciburial, Cimenyann, Kabupaten Bandung. | Foto serbabandung.com

Di Taman Hutan Raya Ir Juanda terdapat gua Belanda dan Jepang yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Tempat wisata di Ciburial ini menawarkan trek hiking yang menantang. Rutenya mulai dari gua Belanda hingga Maribaya. Di perjalanan pengunjung bisa menyaksikan penangkaran kijang, air terjun, dan kalau kebetulan bisa bertemu dengan kera-kera penghungi hutan tesebut.

Art Space di Desa Ciburial

Bagi yang suka seni di Ciburial ada Selasar Sunaryo Art Space. Sebuah ruang seni bernama di lereng Bukit Dago. Tepatnya di Jalan Bukit Pakar Timur No. 100. Sebuah art space yang menawarkan kepada para penggiat seni dan budaya, serta masyarakat untuk berkunjung. Selasar Sunaryo menyediakan tempat untuk acara pribadi atau khusus.

Ada beberapa tempat yang ditawarkan, yakni amphitheater, bale handap, bamboo house, dan kopi selasar. Tempat tersebut bisa disewa dengan pengaturan yang unik untuk setiap acara, pameran seni kontemporer dari Kawasan Asia Pasifik, dan arsitektur kelas dunia.

Bagi yang ingin bersantai di kafe, di Ciburial banyak pilihan. Satu di antaranya adalah Congo Cafe. Kafe ini berdiri pada 2008. Konsep kafe ini adalah menyajikan kopi di sore hari yang bisa dinikmati dalam suasana santai. Biji kopi di kafe ini sendiri didatangkan dari Australia dan merupakan jenis kopi yang kadar keasamannya rendah.

Kefe ini beralamat di Jalan Rancakendal Luhur 8, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Congo Cafe terbesar di kawasan Rancakendal. Kafe ini memiliki kapasitas hingga untuk 200 orang. Dengan sofa dan meja kayu berukuran besar.

Tarnsportasi Umum

Angkutan Kota (Angkot) Ciburial–Ciroyom
Pangkalan Angkot Ciburial–Ciroyom
Jl. Ciburial Indah (Kp. Babakan) Desa Ciburial

Tempat Wisata di Ciburial Lainnya

Barudak Ulin
Jalan Pakar Barat, Kampung Kordon

Bumi Herbal Dago (BHD)
Jalan Bukit Pakar Utara, Kampung Negla

Boemi Joglo
Jalan Rancakendal Luhur No. 17

Cafe Lentera
Jalan Kupa – Terusan Ranca Kendal

Eco Camp
Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup (Eco Camp)
Jalan Pakar Barat (Dago) No.3 Bandung 40198

Komunitas Hong
Jalan Bukit Pakar Utara 35 (Dago Atas) Desa Ciburial Kec. Cimenyan Kab. Bandung Tlp 022-2515773 – 085295111950

Lisung The Dago Boutique Resto
Jalan Bukit Pakar Timur No. 111
Desa Ciburial Kec. Cimenyan
Kab. Bandung, Jawa Barat
022 – 2536225

Scarlet Bukit Pakar
Jl. Bukit Pakar Timur I No. 148
Desa Ciburial Kec. Cimenyan
Kab. Bandung, Jawa Barat
022 2531015
022 2531059

The Stone Cafe
Jalan Rancakendal Luhur No. 5 Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung
Email: stonecafe_bandung@yahoo.com
Phone: (022) 2500577

The Valley Bistro cafe & Suki Garden Resto
Jalan Lembah Pakar Timur No. 28 Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung
Phone: (022) 2511450

The Valley Resort Hotel
Jalan Lembah Pakar Timur No. 28 Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung
Email: fda_thevalley@yahoo.com | Web: http://www.thevalley.co.id
Phone: (022) 2531052

Wot Batu
Jl. Bukit Pakar Timur no. 98 #1
Bandung 40198 – Indonesia
+62 22 825 244 80
info@wotbatu.id
www.wotbatu.id

Bahan tulisan: https://ciburial.desa.id/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.