Curug Ngebul, Air Terjun yang Masih Asri di Kawasan Gununghalu

Curug Ngebul berlokasi di Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu,  Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini merupakan wisata alam yang relatif masih jarang  terjamah manusia jahil-jahil. Tak ada coretan atau sampah bekas makanan dan minuman yang  berserakan.

Nama curug ngebul diambil dari Bahasa Sunda yang berarti berasap. Penamaan tersebut karena air yang jatuh dari ketinggian 20 meter di curug ini terlihat seperti asap. Pada musim penghujan, selain embun yang mengepul ke udara, terdengar suara gemuruh akibat benturan air yang turun sangat  deras.

Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan lebar sekitar 5 meter. Di sekelilingnya masih dikelilingi pepohonan hijau alami. Sumber air Curug Ngebul berasal dari aliran Sungai Cidadap  dan berada di hilir dari Curug Malela.

Curug Malela berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Ronga, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini berada di ketinggian 1.000 mdpl. Butuh waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam ke Perkebunan Montaya.

curug ngebul
Curug Ngebul. | Foto curugngebulcisitu.blogspot.co.id/

Curug ini memiliki lebar 70 meter dengan ketinggian 60 meter. Tebing bebatuan tempat mengalirnya curug terbentuk akibat letusan Gunung Api Purba berkisar 5 hingga 10 juta tahun yang lalu. Di tebing kanan curug tersebut terdapat makam tokoh setempat Prabu Taji Malela. Nama curug ini pun merupakan penghormatan bagi tokoh tersebut.

Selain Curug Ngebul Ada Curug Tilu

Selain Curug Ngebul dan Malela masih di Kabupaten Bandung Barat ada Curug Tilu Leuwi Opat. Curug ini berlokasi di Kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat. Jaraknya kira-kita 20 km dari kota Bandung. Pelancong bisa melalui Cimahi ke Jalan Kolonel Masturi, Parongpong.

Ketinggian air terjun tersebut sekitar 10 meter dan lebar sekitar 2 meteran. Kolam di bawahnya memiliki kedalaman mencapai 10 meter. Air terjun yang ada di sana, selain Air Terjun Tilu adalah air terjun Aseupan, air terjun Citulang dan air terjun Cilaki.

Curug lainnya ada Curug Panganten yang berada di ketinggian 1.050 m dpl. Air terjun ini memilki ketinggian sekitar 50 meter. Curug Panganten berada di wilayah wisata alam Katumiri. Tempat wisata ini berada di Jalan Raya Cihanjuang KM 5,56.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.