Bukit Gantole, Venue Olahraga Gantole yang Juga Tempat Wisata

BANDUNG Barat tak hanya punya Lembang, kabupaten ini pun memiliki tempat wisata di kawasan Cililin. Daya tariknya adalah keindahan alam. Satu di antaranya adalah Bukit Gantole. Bukit ini berada di Kampung Pasirpanjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Bukit ini disebut Bukit Gantole karena memang bukit ini merupakan venue cabang olahraga gantole untuk Porda pada 2010. Venue ini pun digunakan untuk penyelenggaran PON XIX 2016 yang berlangsung di Jawa Barat.

Karena keindahan alamnya setelah PON 2016 berakhir, bukit ini banyak dikunjungi wisatawan yang sengaja untuk datang menyaksikan keindahan alam sekaligus menyaksikan atlet gantole yang berlatih. Setiap libur akhir pekan Sabtu dan Minggu serta libur nasional, pengunjung biasanya banyak yang datang.

Bukit gantole berada di ketinggian 1.630 meter di atas permukaan laut. Kecepatan anginnya memadai untuk olah raga gantole atau paralayang. Venue ini dibuka 24 jam. Namun ada waktu tertentu yang banyak dipikih para atlet untuk berlatih, yakni pada pukul 07.00 hingga 10.00, ketika embusan angin cukup untuk menerbangkan gantole.

bukit gantole
Atlet gantole sedang menjajal pesona bukit gantole di Kampung Pasirpanjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. | Foto youtube Ali Alkatiri

Cihampelas adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat. Kawasan dekat Batujajar. Untuk akses ke sana bisa melalui Cimareme, Batujajar, kemudian ke Cihampelas.

Pesona Pemandangan Bukit Gantole

Wisatawan yang datang bakal disuguhi pemandangan yang indah. Kawasan Cimahi, Lembang, dan Dago bisa terlihat di sana. Hamparan persawahan, permukiman, pegunungan di Bandung selatan, hingga Waduk Saguling bisa terlihat dari bukit tersebut.

Tentu saja wisatawan tidak cukup menyaksikan pemandangan alam. Siapkan handphone atau kamera untuk mengabadikan keindahan alam. Berfoto selfie berlatar belakang view pemandangan bisa menjadi koleksi foto yang menyenangkan. Agar foto-foto dijamin bagus sebaiknya datang pada saat cuaca cerah.

Rute ke Venue Gantole cukup menantang. Tidak kurang dari 5 km dari lokasi Desa Tanjungjaya menuju Bukit Gantole Cililin, jalanan menanjak yang memiliki kemiringan mencapai 45 derajat.

Rute itu pun cocok bagi yang hobi olahraga jalan kaki. Mereka bisa menyusuri jalan setapak.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.