Biskuit Enak dan Jadul di Bandung yang Masih Banyak Dicari

DI Jalan Cibadak tidak hanya ada pertokoan. Di sana juga ternyata ada pabrik yang memproduksi biskuit. Pabrik ini sudah lama berdiri, yakni tiga tahun setelah Indonesia merdeka, atau tepatnya pada 26 April 1948. Biskuit enak tersebut masih banyak dijual di Bandung.

Awalnya bernama Olympia Manufacturing Trading Co. LTD., NV. Pabrik ini mulai beroperasi pada 1950, dengan jumlah karyawan 100 orang. Pada Januari 2004 berganti badan usaha menjadi PT Olympia.

Produk andalan PT Olympia adalah biscuit ice. Biscuit Ice adalah biskuit  enak yang berbentuk macam-macam, seperti binatang, perabot rumah tangga, atau kendaraan, berbalut gula glasur warna-warni. Makanan ini sudah lama beredar.

Tak hanya biscuit, dari Fan Fage Facebook PT Olympia menyebutkan pabrik ini juga memproduksi wafer, cokelat, dan camilan lainnya. Di Fan Fage Facebook PT Olympia oleh adminnya diupload berbagai macam produk sekaligus harganya.

Biskuit Enak di Jalan Sudirman

biskuit enak
Biskuit Olympia. | Foto http://www.olympiabandung.com/biskuit/

Bandung juga punya toko sekaligus pabrik biskuit marie legendaris. Namanya Toko Biskuit Tunggal. Toko milik PT. Tunggal Inti Kahuripan ini berdiri sejak Agustus 1962. Lokasinya berada di Jalan Jendral Sudirman Nomor 570-574, Kota Bandung.

Awalnya proses produksi di Pabrik Biskuit Tunggal menggunakan peralatan tradisional berkualitas nomor 1. PT. Tunggal Inti Kahuripan kemudian mengunakan bahan-bahan dan peralatan yang serba canggih. Keputusan tersebut tepat karena perlatan canggih tidak membuat bisuit dari pabrik ini rasa dan mutunya berbeda. Sebalikya malah masih tetap sama.

Sebuah produk yang monumental dari pabrik ini adalah Marie Tunggal. Kue ini hingga sekarang masih saja ada yang membeli. Lewat kue ini juga Toko dan Pabrik Biskuit Tunggal tetap masih berproduksi. Marie Tunggal adalah biskuit berbentuk lingkararan pipih. Rasanya manis. Ketika digigit akan lumer di mulut.

Pabrik Biskuit Tunggal kemudian memproduksi camilan lainnya. Sekarang mereka juga memproduksi goreng-gorengan, seperti snack kacang, kerupuk, kacang bandung, kacang atom, dan lain-lain. Mereka pun memproduksi berbagai macam kue seperti brownies kukus, kue basah, kue lapis malang, bolu tape, lapis legit, dan lain-lain.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.