Museum Menarik di Bandung yang Harus Dikunjungi

SELAIN yang telah disebutkan dalam tulisan sebelumnya, museum  lain yang ada di Kota Bandung adalah  Museum  Pendidikan Nasional yang  terletak di kompleks kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jalan Setiabudi. Baru  diresmikan pada Sabtu (2/5/2015) . Di sini menampilkan  informasi mengenai sejarah pendidikan dari masa ke masa.

Gedungnya terdiri dari lima lantai. Di tiap lantai menampilkan hampir 200 koleksi, yang terdiri dari alat tulis, kelengkapan guru, diorama dan yang lainnya. Di sini juga terdapat  buku-buku pelajaran, koleksi rapor zaman kolonial tahun 1980-an, dan foto-foto tokoh pendidikan Indonesia.

Museum Konferesi Asia Afrika di Jalan Asia Afrika Bandung | Foto serbabandung.com #serbabandung
Museum Konferesi Asia Afrika di Jalan Asia Afrika Bandung | Foto serbabandung.com #serbabandung

Di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika terdapat Museum Konperensi Asia Afrika yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 April 1980, sebagai puncak Peringatan 25 Tahun Konferensi Asia Afrika. Tempat wisata pendidikan ini  berisi sejarah bagi politik luar negeri Indonesia.

Di sini  terdapat ruang pamerarn tetap yang memamerkan sejumlah koleksi berupa benda-benda tiga dimensi dan foto-foto dokumenter peristiwa Pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Tempat ini  bisa dikunjungi pada Selasa-Kamis pukul 08.00 – 16.00 WIB, Jumat pukul 14.00 – 16.00 WIB, Sabtu-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Hari Senin dan libur nasional libur.

Museum Mandala Wangsit di Jalan Lembong

Museum lainnya adalah  Mandala Wangsit. Terletak di Jalan Lembong.  Di sini   terdapat alat-alat  yang digunakan pada saat perang antara Jepang dan Indonesia. Di antaranya adalah  bedug simarame, senjata laras panjang dan pistol.

Terdapat juga kisah-kisah yang pernah terjadi di Kota Bandung, seperti Peristiwa Bandung Lautan Api pada  24 Maret 1946 dan peristiwa peracunan pada 17 Februari 1949.

Arti Mandala Wangsit sendiri adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalui benda-benda yang ditinggalkannya.

Museum juga terdapat di  Monumen Perjuangan. Museum di sana adalah museum perjuangan masyarakat Jawa Barat pada masa penjajahan hingga mempertahankan kemerdekaan.

Di sini   terdapat diorama perjuangan masyarakat Jawa Barat yang tersaji  dari balik kaca. Di depannya terdapat alat multimedia yang bisa digunakan untuk pengunjung untuk mendengarkan audio, melihat video, dan membaca sejarah diorama yang sedang disaksikan.

Di sini juga terdapat boneka-boneka berukuran manusia yang menggunakan seragam tentara pada masa lalu. Di etalase lainnya terdapat pajangan foto, dan peta jejak para pejuang pada masa penjajahan dulu.  *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.