Bayar Zakat Sekarang Bisa Sambil Berbelanja di Mal


BAYAR zakat adalah kewajiban bagi umat muslim. Zakat dihitung berdasarkan batas perolehan harta. Banyak gerai zakat yang membuka pelayanan pembarayan zakat sekaligus infak. Sekarang umat muslim lebih mudah lagi membayar zakat karena ada booth-booth lembaga zakat di mal seperti di Trans Studio Mall Bandung.

Ada sekitar enam booth dari lembaga zakat di TSM. Booth tersebut berjejer dekat ke lorong masuk musala di lantai tiga. Tiga di antaranya adalah Program Pembibitan Penghafal (PPPA) Darul Qur’an, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa. Selain menerima bayar zakat, mereka juga menghimpun bantuan untuk korban bencana yang terjadi di Indonesia. Contohnya penghimpunan dana untuk gempa di Palu, Sigi, dan Donggala.

PPPA Darul Qur’an adalah lembaga filantropi yang lebih mengkhususkan menciptakan kader-kader penghafal Al-Qur’an di Indonesia. Lembaga ini berdiri pada 2003 atas gagasan Ustaz Yusuf Mansur. Dimulai dengan mengasuh beberapa santri tahfizh, kemudian berkembang hingga ribuan santri yang tersebar di seluruh Indonesia.

PPPA Daarul Qur’an membangun gerakan Rumah Tahfizh di dalam dan luar negeri. Dalam program dakwah dan sosial, PPPA juga terlibat dalam pembangunan kemandirian dan pengembangan masyarakat berbasis tahfizhul Qur’an. Mulai bantuan beasiswa, kemanusiaan, kesehatan, dan pengembangan masyarakat. Dengan program kreatif, membumi, dan tepat sasar PPPA terus dipercaya masyarakat sebagai mitra pengelola sedekah dalam pembangunan bangsa berbasis tahfizhul Qur’an.

Kantor pusat PPPA Daarul Qur’an berada di Graha Daarul Qur’an, Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No. 21, Jalan Hos Cokroaminoto, Karang Tengah, Tangerang.

Bayar Zakat Lewat Rumah Zakat

bayar zakat
Beberapa lembaga filantropi yang menerima pembeyaran zakat di Trans Studio Mall, Jalan Gatot Subroto, Bandung. | Foto serbabandung.com

Tempat bayar zakat lainnya adalah Rumah Zakat. Lembaga filantropi ini mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Kantor Pusat Rumah Zakat berada di Jalan Turangga No.33, Bandung.

Lembaga lainnya adalah Dompet Dhuafa (DD). Lembaga nirlaba ini berdiri sejak 1993, yang berkhidmat mengangkat harkat sosial masyarakat dhuafa dengan mendayagunakan zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok, maupun perusahaan.

Dompet Dhuafa memiliki jaringan pelayanan di 21 provinsi di Indonesia & 5 di mancanegara (Hongkong, Australia, Jepang, Amerika Serikat & Korea Selatan). Semua kegiatan terlaksana dengan dukungan dari lebih 100.000 donatur loyal yang secara ekonomi mapan, profesional & terpelajar.

Saat ini DD merupakan organisasi filantropi Islam yang menghimpun dana masyarakat terbesar di Indonesia. Di tahun awal total penghimpunan sekitar Rp 80 juta. Kemudian melalui kepercayaan masyarakat yang semakin tumbuh dan berkembang, pada 2016 Dompet Dhuafa berhasil menghimpun dana hingga Rp 318 miliiar rupiah.

Kantor Rumah Zakat di Bandung ada di Jalan R.A.A Martanegara No. 22 A, Kota Bandung.

Sumber tulisan:

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.