Batagor H Isan, Katanya, Pelopor Batagor di Bandung

BATAGOR H Isan disebut-sebut merupakan bakso tahu goreng (batagor) paling lama berdiri di Kota Bandung. Dari beberapa blog tentang kuliner disebutkan batagor ini sudah ada sejak awal tahun 1970-an. Pendirinya adalah Bapak H Isan.

Banyak yang menulis H Isan berjualan batagor secara tidak sengaja. Saat itu bakso tahu dagangan H Isan tidak laku. Karena tersisa bakso tahu itu digoreng dan dibagikan kepada tetangga. Bapak H Isan merupakan perantau dari Purwokerto tadinya berjualan bakso tahu kukus keliling di Gang Situ Saeur, Kopo, Bandung.

Batagor H Isan Jalan Lodaya Bandung. | FOTO serbabandung.com #serbabandung
Batagor H Isan Jalan Lodaya Bandung. | FOTO serbabandung.com #serbabandung

Tak disangka-sangka tetangga H Isan menyakai baso tahu goreng. Banyak yang meminta pada H Isan untuk membuat bakso tahu goreng yang sama dengan yang dibagikan. Konon mulai dari sanalah makanan khas Bandung ini lahir.

H Isan mengawali perjuangannya dengan mengontrak sebuah kedai di Gang Situ Saeur, Kopo, Bandung. Pada 1985, dia memutuskan untuk membuka kedai lebih besar di Jalan Bojongloa No. 38. Pemilihan tersebut karena pelanggan semakin banyak yang datang ke kedai batagornya.

Tidak seperti penjual batagor-batagor lain, panyajian batagor H Isan tidak dipotong-potong. Batagor ini dicicipi dengan mencocolkannya ke saus kacang yang disediakan dalam mangkok terpisah. Di sini jiga ditawarkan batagor kuah. Batagor yang diseduh kuah ini dicampuran beberapa bakso.

Batagor H Isan terbuat dari tahu pilihan yang dipadu dengan adonan ikan tenggiri segar. Setiap potong tahu dan siomaynya cukup besar dan mengenyangkan. Bumbu kacangnya pun sangat menggugah selera penikmat batagor ini.

Batagor ini bisa jadi buah tangan bagi wisatawan luar kota. Agar tidak cepat basi bumbu kacangnya dibungkus terpisah dalam keadaan kering. Setelah tiba di rumah bumbu hanya perlu ditambahkan sedikit air. Bila ingin membeli batagor dalam jumlah banyak bisa memesannya ke Jalan Bojongloa lewat nomor telepon 0816624382.

Batagor H Isan semakin berkembang. Gerainya tak hanya ada di Jalan Bojongloa saja tapi sudah menyebar ke pelosok kota Bandung. Batagor H Isan bisa diperoleh di Jalan Ibu Inggit Ganarsih No. 53, Jalan Lodaya No. 85, dan di Jalan Cikawao No. 27A Bandung telepon 081572446688.

Batagor H Isan juga sudah bisa dinikmati di Jalan Margacinta dekat BRI, di depan Pujasera Margahayu, di Jalan M. Toha dekat PT Inti, kemudian ada di Jalan Terusan Cibaduyut dekat SPBU. Batagor H Isan juga ada di Jalan Setiabudi, dan di food stall di Gerobak Bandung Giant Pasteur. *

Batagor H Isan di Bandung

Jalan Bojongloa No. 38
Jalan Ibu Inggit Ganarsih No. 53
Jalan Lodaya No. 85
Jalan Cikawao No. 27A Telepon 081572446688.
Jalan Margacinta dekat BRI
Depan Pujasera Margahayu
Jalan M. Toha dekat PT Inti
Jalan Terusan Cibaduyut dekat SPBU
Jalan Setiabudi
Food stall di Gerobak Bandung Giant Pasteur

https://youtu.be/cIsdyR04ujg

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

4 thoughts on “Batagor H Isan, Katanya, Pelopor Batagor di Bandung

    • 28/03/2016 at 3:00 AM
      Permalink

      Oh iya silakan, artikel saya pun bahannya mengambil dari blog lain. Tapi kalau bisa cantumin link_nya. Sukses..!

      Reply
    • 23/03/2017 at 4:21 PM
      Permalink

      Terima kasih semoga bermanfaat dan terima kasih juga telah berkunjung ke serbabandung.com.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.