Bank bjb Syariah Tempati Gedung Insulinde Bekas Mapolda Jabar

GEDUNG ini pernah menjadi markas polisi daerah (polda) Jawa Barat. Sekarag ditempati oleh bank bjb syariah. Lokasinya di Jalan Braga, bersebelahan dengan Gedung Kertamukti, di seberang Bank Indonesia.

Polda menempati gedung itu sejak 1950 hingga akhir 1990-an. Kemudian Polda menempati gedung di Jalan Soekarno Hatta Gedebage. Gedung itu sempat  dibiarkan kosong, hingga akhirnya pada 2005 sebuah factory outlet membuka gerai di sana. Namanya  Factory Outlet Cabazon.

Pada jaman dulu gedung itu lebih dikenal dengan sebutan Gedung Insulinde. Insulinde adalah kata  untuk menyebut Hindia Belanda. Kata tersebut  diusulkan Eduard Douwes Dekker atau Multatuli. Insulinde merupakan bahasa Latin, yang berarti pulau.

Gedung itu disebut Gedung  Insulinde karena gedung yang didirikan pada 1917  digunakan untuk pabrik minyak NV Olie Fabrikeken Insulinde. Perusahaan minyak ini sebelumnya  bernama ALC van Heel.

Awalnya, Gedung Insulinde berukuran setengah dari yang tampak sekarang. Hanya memiliki  satu menara di bagian selatan. Gedung yang dirancang arsitek Belanda CP Wolff Shoemaker, ini diperluas oleh pemerintah Bandung (Gemeente Bandoeng) pada 1927.

Gedung Insulinde yang sekarang digunakan oleh bank bjb Syariah di Jalan Braga Bandung | Foto serbabandung.com
Gedung Insulinde yang sekarang digunakan oleh bank bjb Syariah di Jalan Braga Bandung | Foto serbabandung.com

Gemeente Bandoeng memperluas Gedung Insulinde tetap mengikuti bentuk bangunan aslinya. Perluasan itu membuat bentuk bangunan menjadi simetris,  memiliki dua menara di bagian selatan dan utara.

Gemeente Bandoeng membeli gedung Insulinde setelah NV Olie Fabrikeken Insulinde berhenti beroperasi. Pembelian dan perluasan Gedung Insulinde untuk keperluan Kantor Residen Priangan. Residen Priangan mulai menempati gedung itu pada 1942 hingga 1945.

Bank bjb Syariah Tetap Merawat Gedung Ini

Pada  1945 gedung ini  menjadi markas tentara Jepang. Tentara Belanda juga pernah bermarkas di sini pada 1946 sampai 1949.

Bank bjb Syariah yang menempati gedung itu tetap memelihara gedung tersebut seperti aslinya. Catnya dominan putih kombinasi merah di kanopi dan logo Bank Syariah. Pada Jumat (10/4/2015) trotoar di depan gedung itu tengah dibenahi seperti di bagian lain di Jalan Braga. Pembenahan itu  untuk menyambut Peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika pada 24 April 2015. *

Sumber: Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi Minggu, 1 Juli 2012

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.