Menu Sarapan Pilihan di Bandung yang Jangan Terlewatkan

MENU sarapan apa yang Anda cari? Sepertinya di Bandung semuanya tersedia. Ada roti bakar, kupat tahu, bubur, nasi kuning, atau yang serabi. Semuanya ada. Tinggal silakan pilih, mana yang dikehendaki.

Untuk menu sarapan roti, satu di antaranya bisa diperoleh di Jalan Gempol Wetan No. 14. sesuai tempat jualannya di kawasan Gempol, nama rotinya pun Roti Gempol. Banyak rasa yang ditawarkan Roti Gempol di antaranya roti bakar gandum asin yang di dalamnya terdapat keju, daging asap dan telur. Selain itu ada juga roti bakar yang rasanya manis, seperti roti bakar berisi selai stroberi, blueberry, dan meses cokelat.

Kalau yang ingin menu sarapan kupat tahu, tak jauh dari Roti Gempol, ada penjual kupat tahu khas Manungreja, Singaparna, Tasikmalaya. Namanya Kupat Tahu Gempol. Tepatnya kupat tahu ini berada di Jalan Gempol Kulon No. 53, Bandung. Warung kupat tahu gempol sederhana. Tak sulit untuk menemukannya. Letaknya persis di ujung pertigaan pasar Gempol.

Menu sarapan kupat tahu lainnta bisa diperoleh di Pasar Palasari. Kupat tahunya sama dengan yang di Gempol, masih kupat tahu Mangunreja. Selain di Pasar Palasari, roda kupat tahu ini buka juga di Jalan Maskumabang. Tak jauh dari simpang tiga Jalan Martanegara.

menu sarapan bubur
Bubur Ayam Bejo di Jalan Ahmad Yani depan Pasar Kosambi, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Bagi yang suka kupat tahu, takkan kesulitan untuk mendapatkan menu sarapan khas Jawa Barat ini. Penjualnya banyak di pinggir jalan. Rata-rata pukul 05.30 mereka sudah siap dengan dagangannya. Bahkan ada yang berjualan lebih pagi, yakni pukul 05.00.

Menu Sarapan Bubur

Kalau menu sarapan bubur yang di Jalan Baranangsiang patut dicoba. Namanya Bubur Ayam Bejo. Bubur di sini bukanya 24 jam. Menunya tidak didampingi kerupuk. Porsi relatif banyak. Pembeli bisa menambahkan telor dan ati ampela.

Bubur lainnya adalah bubur Mang Oyo. Penjualnya sudah banyak cabangnya, seperti di Jalan Sulanjana, Gelapnyawang, Surya Soemantri-Maranatha, Surapati, dan H Djuanda. Bubur Mang Oyo memiliki kekhasan karena kekentalan buburnya. Bubur tidak tumpah meski mangkuk dibalikkan dalam hitungan detik.

Tempat sarapan di Bandung yang menyajikan nasi kuning ada beberapa. Di Cikawao ada kedai penjual nasi yang tak pernah sepi. Berjualan pada pagi hari, nasi di sini memiliki cita rasa lezat dan membuat ketagihan. Untuk memastikan kebagian sebaiknya datang sebelum pukul 09.00.

Di Jalan Babatan ada Toko Osin yang menyediakan sarapan khas warga Tionghoa. Di sana tersedia cakue, bubur kacang tanah, kue tambang dan lain-lain. Kedai yang juga menjajakan menu yang sama ada di GOR Pajajaran. Namanya kedai Lie Tjay Tat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.