Gedung Biofarma di Jalan Pasteur, Bangunan Peninggalan Kolonial

Gedung Bio Farma di Jalan Pasteur, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

GEDUNG Biofarma di Jalan Pasteur merupakan bangunan peninggalan kolonial.

Arsitek gedung Biofarma adalah CPW Schoemaker. Gedung Bio Farma pernah menjadi kampus Landskoepok Inricting en Instituut Pasteur pada 1923.

Gedung Biofarma ini didirikan pada 1926.

PT Bio Farma (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang kantor pusatnya berada di Bandung.

Ada BUMN lain yang kebetulan kantor pusat di kota ini, yakni PT Telkom, PT DI, dan PT KAI.

Bio Farma berdiri dengan nama “Parc Vaccinogene” pada 6 Agustus 1890.

Perusahaan ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Hindia Belanda Nomor 14 tahun 1890 di Rumah Sakit Militer Weltevreden, Batavia.

Saat ini rumah sakit tersebut telah berubah fungsi menjadi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD Gatot Soebroto), Jakarta.

Perusahaan pelat merah ini bergerak dalam bidang biotech expertise yang diimplementasikan melalui knowledge-based dan R&D-base driven.

Mereka fokus pada penelitian, pengembangan, produksi, dan pemasaran produk biologi, produk farmasi secara nasional dan global.

Perusahaan ini berperan aktif dalam mengembangkan riset dan teknologi vaksin.

Mereka melakukan penelitian vaksin baru dalam menjamin kemandirian kebutuhan vaksin di dalam negeri serta ketersediaan vaksin untuk memenuhi kebutuhan vaksin di dunia yang berkualitas dan terjangkau.

Pabrik vaksin ini berkomitmen terus mengembangkan dan menghasilkan vaksin yang novatif untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri, serta penyakit lainnya yang menjadi ancaman terhadap kesehatan global.

Bio Farma Sudah Melewati Usia 125 Tahun

Didukung kompetensi, pengalaman dan proses pembelajaran selama lebih dari 125 tahun, Bio Farma hadir sebagai bagian dari perjuangan, dalam menyelamatkan dan meningkatkan kualitas hidup manusia, berperan penting dalam membangun kesehatan bangsa, sehingga keberadaannya dipertahankan dari masa ke masa.

Dengan filosofi “Dedicated to Improve Quality of Life” Bio Farma siap mendedikasikan kerja keras untuk keamanan kesehatan global (Global Health Security), sehingga melalui Biotech for a Better Future memberikan solusi untuk kemakmuran global.

Gedung ini termasuk dalam daftar bangunan Cagar Budaya hasil kajian Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung atau Bandung Heritage pada 1997.

Kemudian Pemerintah Kota Bandung menetapkannya menjadi Bangunan Cagar Budaya di Kota Bandung melalui Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 19 Tahun 2009. *

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *