Obor Asian Games 2018 Bakal Mampir di Bandung Lewat Pasteur

BAGI warga Bandung yang ingin menyaksikan obor Asian Games 2018, pada 11-12 Agustus 2018, obor tersebut bakal lewat dan singgah di Bandung. Pada 11 Agustus, obor akan masuk melalui pintu tol Pasteur dari Purwakarta pukul 08.30.

Obor itu diiringi 16 hingga 20 kendaraan pengiring. Rombongan tersebut bakal disambut Wakil Wali Kota Bandung Oded, M. Danial. Mereka juga bakal disambut tetabuhan instrumen musik dan persembahan Tari Merak sebagai sambutan selamat datang.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Dodi Ridwansyah di Bandung.go.id, iring-iringan komunitas siap memeriahkan kirab obor Asian Games di Bandung. Peserta konvoi yang sudah menyatakan kesediaannya adalah Bandros, komunitas sepeda, komunitas motor, dan komunitas lainnya.

Peserta konvoi bakal menunggu di Jalan Soeria Soemantri. Saat obor melintas di Jalan Pasteur, iring-iringan bisa langsung mengikuti.

Obor Asian Games
Obor Asian Games 2018. | Foto https://en.asiangames2018.id/news/articles/asiad-torch-arrives-at-muaro-jambi-temple/

“Kami sedang memikirkan pengaturannya karena nanti akan sangat panjang,” kata Dodi.

Obor dibawa secara estafet oleh para pelari. Telah ada 20 orang tokoh olahraga Kota Bandung yang akan membawa obor tersebut secara bergiliran. Mereka di antaranya adalah Ricky Subagja, Djadjang Nurdjaman, dan Supriati Sartono.

Ricky Subagja pebulu tangkas nomor ganda putra bersama Rexy Mainaky. Ganda ini berhasil merebut emas  Emas Olimpiade (1996), Asian Games (1994, 1998), Juara Dunia (1995), Juara All England (1995, 1996).

Adapun Djadjang Nurdjaman adalah mantan pemain dan pelatih Persib. Djadjang membawa Persib juara kompetisi nasional sebagai pemain dan pemain.

Supriyati Sutono peraih medali emas di nomor lari 1500 meter pada1998 di Bangkok, Thailanda. Dia juga berhasil menyabet emas nomor lari 10.000 m di Kejuaraan Asia di Jakarta pada 2000.

Tokoh lain yang tengah dikonfirmasi untuk menjadi pembawa obor satu di antaranya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Maryoto.

Obor Asian Games Diinapkan di Gedung Sate

Kirab obor Asian Games akan melewati lintasan sepanjang 10 km. Setiap pembawa obor akan berlari sejauh 500 m. Dari Pasteur, obor akan melewati Jalan Surapati, Lapangan Gasibu, Jalan Sentot Alibasyah, Jalan Cilaki, Jalan Cimandiri, Jalan Cimalaya, dan berakhir di Gedung Sate.

Di Gedung Sate ada prosesi dari Provinsi Jawa Barat. Obor akan menginap semalam dan esoknya langsung ke Garut.

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.