Terminal Leuwi Panjang Sibuk Saat Musim Mudik

TERMINAL besar di Kota Bandung ada dua tempat. Pertama di Jalan Soekarno Hatta, namanya Terminal Leuwi Panjang. Kemudian di Jalan Ahmad Yani, namanya Terminal Cicaheum. Kedua terminal tersebut selain melayani rute luar kota juga melayani angkutan dalam kota.

Terminal Leuwi Panjang  adalah terminal untuk persinggahan bus trayek antar kota antar provinsi (AKDP), trayek dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), dari Merak, Serang, Indramayu, Sukabumi dan Cianjur. Begitu juga dengan trayek antar-pulau seperti ke Sumatera.

Terminal Leuwi Panjang
Terminal Leuwipanjang di Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Terminal bus ini  juga menjadi tempat persinggahan bus dalam kota Damri.  Bus Damri yang singgah di Terminal Leuwi Panjang adalah jurusan ke Dago, Cicaheum, Ledeng, Tanjung Sari, hingga ke Jatinangor.

Selain bus, angkot juga ada menurunkan dan menaikkan penumpang di sini.  Angkot-angkot yang dari datang berbagai jurusan menjadikan terminal ini mudah diakses dengan menggunakan kendaraan umum.

Terminal Leuwi Panjang Dibangun pada 1994

Terminal Leuwi Panjang dibangun pada 1994 dan diresmikan pada 1996. Terminal ini berada di lahan seluas 4 hektare. Terminal ini memiliki  musala, toilet, dan lahan parkir yang luas. Lahan parkir bisa digunakan pengantar  penumpang.

Bagi yang mencari makanan di sini jangan kecil hati. Di terminal ini  banyak berderet  tukang makanan. Jika mau bawa oleh-oleh di dekat terminal ini berderet pedagang oleh-oleh tradisional priangan, seperti tempe goreng, oncom goreng, dodol, dan lain-lain.

Terminal Leuwipanjang yang selalu sibuk setiap hari akan semakin sibuk ketika musim mudik datang. Warga yang bekerja di Kota Bandung sementara akan meningglakan rutinitasnya sehari- hari. Mereka akan bercengkrama dengan suadaranya di kampung saat lebaran.

Seperti terminal-terminal lain, Leuwi Panjang juga akan kembali sibuk ketika masyarakat kembali lagi akan memulai aktivitasnya di Kota Bandung, pada saat arus balik nanti. Dan, untuk itu Dinas Perhubungan akan mempersiapkan segala kebutuhan tersebut. *

Fakta Terminal Leuwi Panjang

  • Terminal Leuwi Panjang dibangun pada 1994
  • Diresmikan pada 1996
  • Terminal ini berada di lahan seluas 4 hektare.
  • Terminal ini memiliki  fasilitas musala, toilet, dan lahan parkir yang luas. Lahan parkir bisa digunakan pengantar  penumpang.
  • Di terminal ini  banyak berderet  tukang makanan.
  • Jika mau bawa oleh-oleh di dekat terminal ini berderet pedagang oleh-oleh tradisional priangan, seperti tempe goreng, oncom goreng, dodol, dan lain-lain.
  • Terminal Leuwi Panjang akan semakin sibuk ketika musim mudik datang.
  • Seperti terminal-terminal lain, Leuwi Panjang juga akan kembali sibuk ketika masyarakat kembali lagi akan memulai aktivitasnya di Kota Bandung,
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.