Pedagang Oleh-oleh Khas Bandung Tersebar Dekat Keramaian

JAUH sebelum ada Brwonies Amanda atau bollen pisang Kartika Sari, di Kota Bandung terdapat tempat-tempat yang menjual oleh-oleh  khas Bandung. Tidak hanya khas Bandung, tapi juga ada juga yang khas luar kota Bandung, seperti dodol Garut  yang melegenda yakni Dodol Picnic.

Oleh-oleh yang sering menjadi pilihan para pelancong adalah goreng keripik tempe, atau oncom. Selain itu sale pisang juga menjadi favorit para wisatawan untuk membawanya pulang.  Di tempat itu memang banyak beragam oleh-oleh yang sayang untuk tidak dibeli.

Pedagang oleh-oleh tradisional di Kosambi Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Pedagang oleh-oleh tradisional di Kosambi Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Tempat oleh-oleh tersebut biasanya berdiri dekat terminal atau stasiun. Seperti di dekat Terminal Leuwipanjang di Jalan Leuwipanjang berjejer penjual oleh-oleh. Di sini ada beberapa oleh-oleh yang langsung dimasak di sana, seperti goreng tempe.

Uniknya pelayan di sini mempersilakan pengunjung untuk mencicipi tempe atau oncom yang digorengnya. Asalkan tentu saja tidak banyak-banyak, dan tidak hanya mencicipi saja tapi juga membelinya.

Selain goreng tempe dan oncom di sini juga tersedia  pisang selai, dodol, keripik, ubi, kerupuk, dan lain-lain. Ada lebih 10 macam makanan yang dijual di sini.  Biasanya penjual menjualnya secara kiloan yang kemudian dibungkus  dalam plastik.

Pedagang Oleh-oleh Khas Bandung Juga Ada di Pasteur

Tak hanya di Jalan Leuwipanjang penjual serupa juga ada di dekat Pasar Kosambi. Pedagang ini sudah cukup lama berjualan di sini. Ada empat kedai yang menjual oleh-oleh tradisional khas priangan tersebut.

Penjual camilan khas Jawa Barat juga ada di Jalan Terusan Pasteur. Tak jauh dari pintu tol berjejer toko oleh-oleh. Para pengunjung toko di sini adalah kebanyakan wisatawan dari luar kota yang akan meninggalkan atau yang baru datang ke Kota Bandung.

Tempat lainnya ada di Jalan Cibaduyut. Di sini juga pedagang menjajakan camilan seperti goreng tempe, goreng oncom, sale, dan dodol. Kemudian di Jalan Buahbatu tak jauh dari pertigaan pintu tol Buahbatu ada toko yang menjual camilan serupa. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.