Makanan Tradisional Khas di Bandung yang Masih Disukai

MAKANAN tradisional ini rasanya gurih dan mengenyangkan. Pedagang menjajakannya biasanya dengan dipanggul, atau menggunakan roda dorong. Harganya tidak terlalu mahal. Sekitar Rp 1.000-Rp 5.000. Namanya sudah sangat familiar, yakni bandros. Menyantapnya supaya lebih nikmat biasanya dimakan dalam keadaan hangat. Kemudian dicocolkan ke gula pasir, atau bisa juga ke saus pedas. Kue ini menjadi teman menyeruput teh manis atau kopi.

Di Cisangkuy, Kota Bandung, ada penjual kue ini yang dikenal dengan bandros gaul. Di sini menyediakan beberapa macam inovasi misalnya rasa keju, cokelat dan susu. Pedagang kue ini lainnya ada di seberang gedung Telkom Japati, Bandung, yang buka mulai pukul 18.00 hingga 24.00. Namanya Hebab.

Di kawasan Lengkong Kecil ada Dynos Bandros. Di sini dijual bandros green tea, keju, dan biskuit. Sedangkan untuk yang asin, ada bahan seperti telur, sosis, baso dan sebagainya. Kedai ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 19.00 hingga pukul 00.00 WIB.

Bagaimana dengan makanan tradisional khas lainnya? Serabi adalah makanan tradisional Jawa Barat yang penjualnyanya biasanya mangkal di tepi jalan. Dan, hampir di semua penjuru Kota Bandung ada penjualnya, terutama pada pagi hari.

makanan tradisional
Serabi. | Foto serbabandung.com

Sekarang penganan ini rasanya lebih bervariasi. Tak hanya ber-topping oncom tapi bermacam-macam seperti rasa stroberi, rasa keju, rasa cokelat dan masih banyak lagi. Bahkan sebuah rumah makan di Bandung menawarkan 100 macam serabi.

Salah satu yang terkenal adalah surabi imut di Jalan Setiabudi yang memiliki 23 varian rasa. Kemudian di Jalan Cikutra, dekat Pasar Cikutra. Makanan tersebut di sini terdiri dari tiga rasa yakni polos, oncom, dan telor.

Yang patut dicoba adalah Radja Surabi di Jalan Pluto Raya No. 1 Margahayu Raya. Jangan lupa juga serabi Cihapit di Jalan Cihapit. Yang paling enak di sini adalah serabi oncom.

Makanan Tradisional yang Disebut Kue Balok

Kue balok juga termasuk makanan tradisional yang semakin hari semakin banyak penjualnya.
Satu di antaranya di Jalan Mohamad Toha. Pembeli harus rela antre untuk mendapatkannya. makanan tradisonal ini. Ada tiga macam rasa kue balok yang dijual di sini yakni kue balok original, rasa cokelat, dan rasa keju.

Kue balok original adalah kue balok yang di atasnya tanpa tambahan apapun. Sedangkan kue balok yang rasa cokelat menggunakan topping irisan cokelat. Begitu juga dengan kue balok rasa keju, di atasnya ditaburi keju yang diiris tipis-ripis. Harga kue balok tersebut Rp 1.500 per kue.

Lokasi kue balok Jalan Moh Toha tidak jauh dari perempatan pintu Tol Mohamad Toha. Posisinya berada di sebelah kiri kalau dari kendaraan yang melaju dari arah Bandung. Tak jauh dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Sebaliknya kedai ini berada di sebelah kanan dari kendaraan yang melaju dari arah Dayeuhkolot.

Kue balok Jalan Mohomad Toha buka setiap hari nonsetop 24 jam. Jadi tak harus nunggu malam dulu atau pagi dulu untuk menikmati kue khas Jawa Barat ini. Biasanya pembeli harus antre untuk mendapatkan makanan kesukaannya ini pada sore hari, dan pada pukul 19.00-21.00.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.