Kuliner Tradisional yang Masih Dicari Penggemarnya di Bandung

DI Bandung terdapat tempat kuliner tradisional yang masih saja diburu oleh para penggemarnya. Kuliner tersebut terdiri dari berbagai jenis, ada lotek, martabak, goyobod, serabi, kue balok, dan lain-lain. Berikut rangkuman kuliner tradisional di Bandung berhasil dirangkum serbabandung.com.

Kupat Tahu Gempol
Kupat Tahu Gempol berada di Jl Gempol Kulon No. 53, Bandung. Rasa kuliner tradisional tersebut berbeda dengan kupat tahu lainnya yang berada di tempat lain. Bumbunya memiliki kekentalan dan rasa yang sangat pas di lidah. Tahunya juga langsung dipasok dari sentra tahu Bandung di Cibuntu. Tahu Cibuntu terkenal memiliki tekstur lembut, tapi tetap kenyal.

Seperti kupat tahu yang lain, kupat tahu ini juga menyajikan tahu goreng yang dicampur lontong, tauge, dan kerupuk merah yang disiram kuah bumbu kacang yang khas kupat tahu gempol.

kuliner tradisional kupat tahu gempol
Kupat Tahu Gempol berada di Jalan Gempol Kulon No. 53, Bandung. | Foto serbabandung.com

Kue Balok
Kuliner tradisional yang tidak kalah lejat dan nikmat dengan makanan moderen adalah kue balok. Penjualnya, satu di antaranya ada di Jalan Mohomad Toha. Pedagang kue balok di sini menawarkan rasa lain untuk penyuka kue balok.

Ketika akan membeli kue balok, penjual biasanya menawarkan soal rasa dan kekeringan kue balok. Tinggal pilih mau rasa keju, cokelat, dan yang pasti rasa orisinal, atau mau kering atau tidak. Gerai kue balok di sini buka 24 jam.

Kuliner Tradisional Lainnya

Lotek
Di Jalan Alkateri ada kuliner tradisional yang sampai sekarang masih diburu. Lotek Alkateri namanya. Kuliner ini lokasinya dekat persimpangan Jalan Alkateri dan Jalan ABC. Jualannya di di emperan toko kawasan tersebut. Jangan membayangkan tempatnya sebuah rumah makan. Lotek Alkateri di jajakan dari sebuah tenda.

Apa yang unik dari lotek ini? Ternyata dari daun pepaya dan daun pare (paria). Kedua daun ini sangat jarang disajikan dalam lotek pada umumnya. Oleh karena itu lotek di sini rasanya pahit.

kuliner tradisional lotek alkateri
Lotek Alkateri. | Foto serbabandung.com

Masih dari lotek ada Lotek Kalipah Apo. Penjualnya di Jalan Kalipahapo. Lotek ini sudah termasyur ke mana-mana. Tidak hanya di Bandung tapi namanya telah tersebar ke luar kota dan sudah beroperasi sejak 1953.

Lotek Kalipah Apo 42 terlihat seperti lotek biasa. Namun setelah dicicipi terasa lezatnya bumbu kacang berbalut bau kencur dalam campuran kol, tauge, kacang panjang, bayam, kangkung, dan nangka muda. Belum lagi tempe dan lontongnya yang menggoda selera, dan kerupuk udang melengkapi sajian nikmat ini.

Serabi
Serabi adalah kuliner tradisional yang banyak variasinya. Di Jalan Setiabudi ada serabi Imut yang memiliki 23 varian rasa. Kemudian di Jalan Cikutra, dekat Pasar Cikutra, serabinya memiliki tiga rasa yakni polos, oncom, dan telor. Yang patut dicoba adalah Radja Surabi di Jalan Pluto Raya No. 1 Margahayu Raya. Jangan lupa juga serabi Cihapit di Jalan Cihapit. Yang paling enak di sini adalah serabi oncom.

kuliner tradisional serabi
Serabi. | Foto serbabandung.com

Goyobod
Goyobod adalah minuman yang menyegarkan asal Garut. Di Bandung pedagang goyobod yang sudah terkenal ke mana-mana adalah Gokil alias Goyobod Kiliningan. Posisi tepatnya Jalan Kliningan B-9 Bandung. Tak jauh dari Jalan Buahbatu. Dekat sekolahan, SMKN 4, persis di seberang pintu gerbangnya.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.