Cilok Goang Asal Tasikmalaya Mulai Merambah Bandung

CILOK Goang mulai merambah kota Bandung. Terbukti sekarang sudah ada roda Cilok Goang yang menclok di kota ini. Satu di antaranya di Jalan Terusan Buahbatu, tak jauh dari jalan layang tol. Roda ini berjejer dengan penjual kuliner lainnya seperti pecel lele.

Cilok ini berasal dari Tasikmalaya. Mulai tren karena rasanya yang pedas, dan penyajiannya berbeda dengan cilok kebanyakan. Di Tasikmalaya, sudah banyak pedagang cilok ini, satu di antanya di Jalan BKR.

cilok goang
Kedai cilok goang di Jalan Terusan Buahbatu Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Cilok ini tidak seperti biasanya. Cilok biasanya dicolok (ditusuk) kemudian dicelupkan ke sambal kancang, tapi cilok ini diberi kuah bakso. Selain itu dalam penyajian ada tambahan lain seperti pangsit, tahu, ceker, siomay, dan tulang ayam.

Pembeda lainnya adalah sambal khas Tasikmalaya. Kuah yang di dalamnya sudah terisi campuran cilok dan yang lainnya bisa ditambahkan saus ini untuk menambah kenikmatan saat menyantap cilok ini. Sebetulnya sambal ini tida terlalu beda rasanya dengan sambal cilok yang beredar selama ini di Bandung.

Cilok asal Tasik ini memberikan pilihan menu, di antaranya adalah Cilok Goang spesial yang di dalamnya terdiri dari pangsit, tahu, ceker, siomay, dan tulang ayam. Untuk mendapatkan menu pembeli harus membayar Rp 10.000. Menu spesial ini disajikan dalam mangkuk lengkap dengan kuah yang harum menggoda.

Menu lainnya adalah Cilok Goang original. Cilok ini berkuah yang dilengkapi dengan pangsit, tahu, ceker, dan siomay. Menu ini berbeda dengan menu cilok spesial tidak menyertakan tulang ayam. Harga satu porsi cilok ini Rp 8.000.

Cilok Goang juga menjual cilok bumbu kacang. Cilok ini orisinal. Dari segi penyajian dan bumbunya, cilok ini seperti cilok-cilok lainnya yang dijual di Bandung. Namun ada pembedanya sedikit, cilok ini menyertakan perasan jeruk purut. Satu porsinya cilok ini dijual Rp 8.000.

Menu yang ini juga agak berbeda dengan cilok lainnya. Namanya cilok balodo. Kalau dari namanya cilok ini pasti pedas. Cilok ini adalah cilok goreng dilamuri bumbu balado. Seporsinya cilok balado Rp 10.000.

Bagaimana? Mau Coba? Oh, iya, harga yang tercantum di atas mungkin saja sudah diubah oleh pengelolanya. *

Cilok Goang Tasik

Menu  spesial Rp 10.000
Original Rp 8.000
Bumbu kacang Rp 8.000
Balodo Rp 10.000

Harga di atas mungkin telah berubah

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.