Tol Soroja Perpendek Jarak dari Bandung ke Soreang

TOL Soroja adalah jalan tol yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (4/12/2017). Jalan yang menghubungkan Soreang Kabupaten Bandung dan Pasirkoja Kota Bandung ini memiliki panjang sepanjang 10, 5 km.

Peletakan batu pertama Tol Sorojo dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di depan Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung pada 10 September 2015.

Tadinya jalan tol ini direncanakan selesai bertepatan dengan penyelenggaraan PON XIX di Jawa Barat pada 17 sampai 29 September 2016. Namun target meleset karena sampai pesta olahraga nasional itu selesai Tol Sorojo belum kunjung selesai. Setelah sekian menunggu lama, akhirnya tol ini diresmikan dan diujicoba pada Senin (4/12/2017).

Jalan tol ini teritegrasi dengan Tol Purbaleunyi. Perbatasan antara kedua jalan tol tersebut adalah di Simpang Susun Pasirkoja yang berada di Kilometer 132. Orang yang ingin bepergian ke Soreang dari pusat kota tak harus lagi lewat Jalan Kopo, tapi langsung saja masuk ke gerbang tol, seperti di Pasteur, Pasirkoja, Buahbatu, Kopo, dan gerbang tol lainnya.

Tol Sorojo
Interchang Tol Sorojo di Pasirkoja. | Foto @omiel_89 instgram

Begitu juga yang datang dari Jakarta, tak harus keluar dari gerbang tol Kopo, tapi bisa langsung masuk ke Tol Sorojo. Untuk mengintegrasikan Tol Soroja dan Tol Purbaleunyi dibangun interchange berupa jalan simpang susun di Kilometer 132 yang menghubungkan kedua tol tersebut.

Ke Si Jalak Harupat Lewat Tol Soroja

Tol Soroja memiliki 5 gerbang atau GT, yakni GT Kutawaringin Barat, GT Kutawaringin Timur, GT Margaasih Barat, GT Margaasih Timur, dan GT Soreng. Dari GT Soreang langsung terhubung dengan jalan ke Kantor Pemkab sepanjang 817 meter. Jalan penghubung ini sampai Jalan Alfathu atau gerbang kompleks kantor Pemkab.

Bagi penggemar Persib, bisa menggunakan Tol Sorojo menuju ke Stadion Si Jalak Harupat. Itu kalau klub kebanggaan Jawa Barat masih main di sana. Bobotoh bisa keluar dari GT Kutawaringin Barat. Jadi tak harus ke Jalan Kopo atau ke Jalan Cipatik.

Bagi yang ingin keluar di Katapang dan sekitarnya bisa keluar di GT Kutawaringn Timur.

Orang Taman Kopo Indah, Margahayu Permai, dan perumahan-perumahan di kawasan tersebut bisa keluar dari GT Margasih Tmur. Adapun bagi orang Margaasih Barat juga tersedia GT Margaasih.

Tol Soroja ini kalau lancar bisa mempercepat waktu tempuh dari Kota Bandung ke Soreang lewat Jalan Kopo yang biasanya bisa mencapai 1 jam bisa menjadi hanya 10 menitan saja.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.