Sukahaji, Pasar Burung yang Konon Terbesar di Indonesia

pasar burung sukahaji

Bandung memiliki pasar burung yang memperjualbelikan hewan peliharaan terutama burung. Pasar ini sudah terkenal ke mana-mana. Bahkan konon pasar ini salah satu yang terbesar di Indonesia. Bagi pencandu burung tentu ini menjadi pasar terfavorit yang wajib dikunjungi. Namanya Pasar Burung Sukahaji.

Pasar yang berada di lahan seluas 5.800 ini terletak di Jalan Peta. Pasar ini diresmikan pada 1994. Ditempati oleh 152 orang pedagang. Para pedagang umumnya pindahan dari Pasar Andir. Selain warga Bandung pedagang di sana ada yang berasal dari luar Bandung seperti dari Jawa Tengah.

Aneka jenis burung bisa dijumpai di sini. Bukan hanya burung berkicau tapi juga ada burung hias. Di antaranya beo, murai, jalak, jalak bali, cucak rawa, gelatik, kenari, kutilang emas, kutilang lumut, cap jenggot dan banyak jenis lainnya. Harganya berbeda-beda, tergantung jenis dan kualitas burung. Mulai dari Rp 10.000 sampai puluhan juta rupiah.

Khusus untuk jalak bali hasil penangkaran, dan burung-burung jawara, para pedagang menyertakan sertifikat penangkaran atau sertifikat juara lomba.

Seperti pasar lain, di Pasar Burung Sukahaji juga banyak yang memanfaatkan trotoar untuk berdagang. Pedagang mendirikan jongko yang bisa dibongkar pasang.

pasar burung sukahaji
Pasar Burung Sukahaji Jalan Peta Bandung. | Foto serbabandung #serbabandung

Pasar Sukahaji Buka Pagi hingga Sore

Sukahaji buka dari pagi hingga sore. Ketika memasuki area pasar ini, telinga Anda juga akan langsung disuguhi kicauan dari aneka jenis burung hias dan burung ocehan. Di sana juga bisa terlihat orang-orang yang melatih merpati agar bisa bersaing dalam setiap balapan merpati. Ada juga yang menjual sangkar burung, pakan burung, dan aksesori.

Di pasar ini pun selain burung ada yang menjual jenis unggas lain seperti ayam, bebek, dan angsa untuk dipelihara biasa atau untuk keperluan konsumsi. Sedangkan jenis hewan lain yang dijual antara lain anjing, kucing, marmut, hamster, tupai, tikus putih, kelinci. Di sana juga dijual beberapa hewan unik dan langka seperti kelelawar, ular dan burung hantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *