PACET adalah sebuah kecamatan di Bandung Selatan. Wilayahnya masuk ke dalam Kabupaten Bandung. Daereh ini tidak kalah dengan Pangalenan atau Ciwidey yang memiliki tempat wisata menarik. Beberapa tempat wisata di sana bahkan sudah ada yang populer.

Tempat wisata di Pacet yang pertama adalah Warung Alam Cibutak. Warung ini terletak di Jalan Raya Pacet, Kabupaten Bandung. Di sini suasana cafe outdoor sangat kental terasa. Warung ini memberikan nuansa lain karena berada di dataran tinggi di sebuah pedesaan.

Panorama di kawasan kafe ini sangat menarik menjadi objek foto. Suasana khas pedesaan, persawahaan, dan aliran Sungai Citarum menjadi daya tarik tersendiri. Warung Alam Cibutak menyediakan wahana wisata keluarga seperti wahana River Tubing, wahana bermain anak, taman baca, dan tempat untuk berkemah.

Gunung Rakutak di Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, ini pun menjadi tempat wisata di Pacet yang sering dikunjungi pecinta alam. Rakutak memiliki ketinggian 1922 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke sana bisa diakses dari Kota Bandung melalui Jalan Bojongsoang kemudian ke Baleendah, Jalan Siliwangi mengarah ke Ciparay. Dari Alun-alun Ciparay belok kanan menuju Kecamatan Pacet. Dari Kecamatan Pacet menuju Desa Sukarame.

Sebelum mendaki, pengunjung harus mendaftarkan diri di pos resgitrasi beruap warung yang terdapat spanduk bertuliskan Himpala Rakutak. Himpala Rakutak adalah Himpunan Pelestarian Alam Rakutak. Mereka para relawan yang terdiri dari masyarakat sekitar yang peduli akan pelestarian alam Gunung Rakutak.

gunung rakutak di pacet
Gunung Rakutak. | Foto serbabandung.com

Dalam wikipedia dijelaskan untuk menuju puncak Gunung Rakutak terbilang cukup berat. Medan dari pos 1 ke puncak Rakutak melalui 2 medan yang berat.

Pertama adalah medan menanjak yang sangat licin dan medan kedua yaitu jembatan sempit yang di kanan kirinya terdapat jurang yang sangat curam. Jembatan ini pun sering tertutup kabut. Dalam wikipidia jembatan tersebut disebut jembatan setan.

Di Pacet Ada Kolam Renang

Bagi yang ingin berenang sekaligus menikmati indahnya pemandangan sebaiknya datang ke AW Strawberry Water Park. Tempat wisata yang menawarkan indahnya persawahan dan pegunungan ini lokasinya berada di Jalan Raya Pacet KM. 15, Kertasari, Sukapura, Kabupaten Bandung.

Untuk menikmati kolam renang tersebut pengunjung harus memabayar Rp 30.000. Harga tersebut belum dengan wahana yang tersedia seperti flying fox dan sepeda air berbentuk angsa.

Kolam renang yang tersedia ada waterboom lengkap dengan air jatuh dari ember. Tempat ini anak-anak sangat menyukai. Kemudian ada kolam renang untuk berolahraga yang memiliki kedalaman bervariasi. Asyiknya berenang di sini bisa sambil menikmati pemandangan terutama Gunung Rakutak dan sawah-sawah.

Bagi umat Islam jangan khawatir di sini tersedia musala refersentatif dan nyaman untuk beribadah. Tersedia juga warung yang menjual makanan ringan, minuman, dan menu khas Sunda. Di areal kolam renang terdapat saung-saung yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai, bersantap makanan yang telah disediakan oleh warung tersebut.

Gunung Artapela adalah nama gunung yang mulai nge-hits di antara para pendaki di Pacet. Berada di ketinggian 2.194 mdpl, Artapela merupakan gunung tropis yang sudah tidak aktif lagi. Lokasinya berada di Kertasari berbatasan dengan Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Untuk ke gunung ini bisa ditempuh dari Pangalengan. Namun rute termudah, jika dari Bandung, bisa lewat Jalan Buahbatu, terus melewati Bojongsoang, dan Baleendah. Tiba di persimpangan Beleendah belok kiri ke arah Ciparay.

Pos Pendakian Artapela terdapat di Kampung Argasari RT. 001 RW. 014 Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Gunung Artapela memiliki pemandangan indah, cuaca sejuk, dan kabut yang seolah tak mau pergi di sekitar gunung. Keindahan itu menjadikan tempat ini digemari para pecinta alam. Dari sini juga pengunjung bisa menikmati momen matahari terbit dan tenggelam.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.