BANDUNG memiliki danau yang menjadi tempat wisata. Satu di antaranya ada di Warnasari, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Namanya Situ Cileunca. Danau ini merupakan danau buatan. Lokasinya berada di ketinggian 1.100 DPL (di atas permukaan laut).

Situ Cileunca memiliki luas sekitar 1.400 hektare. Kedalaman danaunya mencapai 17 meter. Airnya berasal dari Sungai Palayangan. Sungai ini pula yang sering dijadikan sebagai arena ber-arung jeram.

Danau ini dibuat sekitar 1918. Sebelumnya lahan untuk danau ini merupakan hutan belantara. Situ ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, termasuk untuk menggerakkan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Situ ini sejak zaman Belanda sudah menjadi tempat wisata. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan sebuah bangkai perahu besi di danau tersebut. Perahu besi itu diduga merupakan perahu pembawa rombongan warga Belanda yang karam di Situ Cileunca, awal tahun 1900-an.

Perahu besi itu ditemukan warga di dasar Situ Cileunca pada 19 November 2015. Saat itu danau sedang surut karena ada perbaikan di beberapa titik.

Pesona Situ Cileunca

Wisata Bandung Selatan situ cileunca
Situ Cilenca di Desa Wrnasari. Pangalengan, Kabupaten Bandung. | Foto serbabandung

Situ ini merupakan salah satu destinasi wisata di Pangalengan yang banyak dikunjungi. Pesona alam yang mengelilingi situ itu menjadi daya tarik tersendiri. Situ ini diapit oleh beberapa tebing dan gunung yaitu Papandayan, Malabar, dan Sepuh.

Pemandangan yang indah kawasan di situ ini sering digunakan para fotografer untuk objek foto. Foto Pre Wedding juga sering dilakukan di sini berlatar belakang Situ Cileunca.

Lokasi situ ini pun menjadi lokasi favorit berkemah oleh rombongan siswa sekolah, karyawan perusahaan, keluarga, atau rombongan lainnya. Suhu udara yang bisa mencapai di bawah 15 derajat celsius tak menghalangi para pecandu wisata alam ini. Di wilayah Situ Cileunca terdapat camping ground di sisi danau.

Bagi yang hobi memancing di tempat ini terdapat penyewaan perahu yang harganya kisaran Rp 100.000. Di sini terdapat beberapa jenis ikan air tawar seperti Mujair, Tawes dan Sepat yang bisa dipancing.

Pengelola tempat wisata ini menyediakan penyewaan perahu untuk mengelilingi danau dan menyebrang ke pulau yang terdapat kebun stroberi. Di sana juga terdapat situ yang tersembunyi, namanya Situ Cipanunjang.

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta menjadi primadona tempat wisata Situ Cileunca. Setiap hari jembatan yang dibangun pada 2014 ini banyak dikunjungi wisatawan dari Bandung maupun luar Bandung.

Jembatan Cinta dibangun untuk menyatukan dua buah desa yang terpisah sejak lama oleh adanya Situ Cileunca. Kedua desa tersebut adalah Desa Wanasari dan Desa Pulosari. Warga kedua desa tersebut harus berputar untuk mengunjungi satu sama lain. Jarak yang sangat jauh tersebut bisa dipersingkat oleh jembatan tersebut.

Jembatan Cinta dibangun atas inisitif warga. Warga membangunnya membelah Situ Cileunca. Jembatan bisa dilalui dua sepeda motor yang saling berlawanan. Terbuat dari beton yang kokoh. Pilar-pilar di pinggirnya dicat merah, sedangkan besi pegangannya dibiarkan berwarna asli besinya.

Pendirian jembatan tersebut sangat membantu warga kedua desa. Selain, sering bertemu antarwarga desa, dari segi ekonomi pun sangat membantu karena perjalanan yang ditempuh warga bisa dipersingkat. Kalau kemudian jembatan ini disebut Jembatan Cinta karena jembatan ini sering dijadikan tempat berkumpul muda mudi dari kedua desa.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.