Oleh-oleh Bandung Mulai dari Oncom, Peuyeum, hingga Sus

Oleh-oleh Bandung itu banyak ragamnya. Kuliner baru yang bermunculan tidak membuat oleh-oleh khas kota kembang ini meredup. Jenis oleh-oleh yang bermunculan menjadi pelengkap oleh-oleh yang sudah ada. Berikut adalah oleh-oleh yang banyak dicari di kota ini.

Oleh-oleh Bandung yang ini namanya peuyeum. Peuyeum banyak dijual di pusat oleh-oleh. Di Jalan Cihampelas banyak yang menjual penganan terbuat dari singkong ini. Peuyeum juga bisa diperoleh di pusat penjualan oleh-oleh seperti di Pasar Kosambi, Leuwipanjang, dan di pasar-pasar.

Oncom bisa menjadi pilihan wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Di Jalan Cihampelas ada toko Oncom Raos yang menyediakan olahan oncom. Tepatnya di Jalan Cihampelas 91 B. Di sini tersedia oncom goreng. Toko ini sudah berdiri lebih dari 40 tahun. Beragam jenis oleh-oleh bisa diperoleh di sini, seperti kripik, sale pisang, dan macam-macam manisan.

Beragam oleh-oleh yang dijual di Oncom Raos juga bisa diperoleh di pusat-pusat penjualan oleh-oleh seperti di kawasan Leuwipanjang. Di pasar Kosambi pun terdapat penjual oleh-oleh yang lengkap. Penjual beragam oleh-oleh tak berpusat di satu tempat tapi ada yang tersebar, seperi di Jalan Terusan Buahbatu tak jauh dari pertigaan pintu tol.

soes merdeka oleh-oleh bandung
Toko Soes Merdeka di Jalan Merdeka, Bandung. | Foto serbabandung.com

Pisang Bolen Kartika Sari menjadi pilihan lain. Pisang bolen yang populer sejak tahun 1970-an ini memberikan pilihan rasa, seperti keju, cokelat sampai durian. Tadinya Kartika Sari hanya buka di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung, sekarang sudah ada beberapa toko seperti di Jalan Buahbatu.

Oleh-oleh Bandung yang lain adalah Gepuk Nyonya Ong di Jalan Dr. Djunjunan 155E. Gepuk merupakan hasil olahan daging sapi yang juga populer dengan sebutan empal. Kedai Nyonya Ong juga menyediakan olahan daging ayam. Gepuk olahan Nyonya Ong juga diolah dalam berbagai varian seperti beef original, beef salty, beef extra pedas, beef less sugar, chicken original dan chicken spicy.

Oleh-oleh Bandung dari Prima Rasa

Prima Rasa adalah salah satu toko kue favorit warga Kota Bandung, maupun pelancong yang datang ke kota ini. Berbagai kue dijual di sini, seperti pastry, cake, kue basah, kue dingin dan brownies. Pastry yang menjadi andalan adalah Picnic Roll dan Pisang Bollen. Sedangkan untuk kue dingin ada Pudding Mousse dan Mousse Cake.

Brownies Amanda pun merupakan andalan kota ini untuk oleh-oleh para pelancong. Andalannya tentu saja brownies kukus. Banyak pilihan yang bisa dibawa oleh para wisatawan seperti brownies original, sarikaya pandan, blueberry, choco marble, pink marble, green marble, tiramisu, dan varian lainnya.

Amanda Brownies berpusat di Jalan Rancabolang No 29 Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Sekarang sudah menyebar ke sudut-sudut Kota Bandung bahkan ada gerai yang buka di luar kota.

Oleh-oleh Bandung lainnya adalah sus. Namanya kue sus Merdeka. Sus di sini rasanya tak mudah terlupakan. Luarnya yang garing dan gurih, serta dalamannya menggunakan vla yang manis menjadikan kombinasi yang sempurna untuk sebuah sus. Soes Merdeka benar-benar telah melekat di benak penyuka sus. Tokonya berada di Jalan Merdeka depan Bandung Indah Plaza.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.