Peuyeum Bandung yang Kamashur ke Mana-mana

PEUYEUM atau tapai dalam Bahasa Indonesia adalah makanan khas orang Sunda. Orang sering mengait-ngaitkannya dengan Kota Bandung. Penganan ini kemudian sering disebut peuyeum  Bandung hingga muncul sebuah lagu khusus mengenai peuyeum. Judulnya adalah Peuyeum Bandung.

Di bawah ini adalah penggalan lirik lagu tersebut:

Peuyeum Bandung kamashur
Pangaosna teu luhur
Ku sadaya kagaleuh
Sepuh jeung murangkalih

Peuyeum Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Peuyeum Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

(Peuyeum Bandung terkenal
Harganya tidak mahal
Oleh semua orang terbeli
Orang tua dan anak-anak)

Peuyeum  yang sudah dikenal ada dua macam, yakni peyeum yang terbuat dari singkog  dan peuyeum yang terbuat dari beras ketan. Peuyeum yang biasa dikenal di Bandung adalah peuyeum yang terbuat dari singkong.  Adapun yang terbuat dari ketan banyak yang menjualnya di daerah Kuningan.

Peuyeum di Bandung biasa dijual di tempat oleh-oleh seperti dekat terminal Leuwipanjang,  dan Cicaheum. Penjual oleh-oleh juga ada di Pasar Baru, Pasar Kosambi, di Jalan Kebun Kawung dan stasiun kereta api. Peuyeum juga sampai sekarang masih ada penjual yang dipikul, berkeliling ke perumahan-perumahan.  Tapi itu sudah jarang dan hanya terlihat di pinggiran kota.

Peuyeum biasanya dijajakan bergelantungan di bagian depan kedai atau warung oleh-oleh. Peuyeum biasanya dijual perikat atau per kilo. Harganya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Tetapi biasanya bisa ditawar. Tinggal pandai-pandainya pembeli menawar harga peuyeum tersebut.

Peuyeum bisa dibuat sendiri di rumah. Namun rasanya belum tentu selezat peuyeum yang dibeli. Peuyeum-peuyeum yang dijual ada yang  didatangkan dari Dusun Babakan,  Dusun Panyandaan, Dusun Mandala, dan Dusun Cipaheut, di Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Peueyum adalah singkong yang telah dikupas kemudian dibaluri ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae). Tapai sebelum diragi dikukus atau rebus. Setelah itu disimpan kurang lebih 2 hingga 3 hari dalam tempat yang hangat. Untuk menjaga kehangatan peuyeum yang sudah jadi dibungkus menggunakan daun pisang.

Manfaat.co.id menyebut ada 10 manfaat untuk kesehatan kalau mengonsumsi tapai singkong, yakni untuk menghangatkan badan, membantu tubuh lebih berenergi, bisa meningkatkan manfaat seksual, untuk obat jerawat, untuk diet,  sumber probiotik, meningkatkan sistem syaraf dan otot, meningkatkan fungsi pencernaan, mencegah anemia, dan bisa mengatasi penyakit darah tinggi.

Namun dalam tulisannya manfaat.co.id tidak menyebutkan apakah manfaat tersebut sudah diuji klinis atau belum. *

Ini Tempat-tempat Penjual Peuyeum Bandung

  • Dekat terminal Leuwipanjang
  • Cicaheum
  • Pasar Baru,
  • Di Pasar Kosambi
  • Jalan Kebun Kawung
  • Di Stasiun kereta api
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

3 tanggapan untuk “Peuyeum Bandung yang Kamashur ke Mana-mana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.