Gedung RRI Bandung, Tempat Siarkan Pandangan Mata Persib

DI Jalan Diponegoro banyak gedung bersejarah. Di sana ada Gedung Sate, Gedung Dwi Warna, dan ada Gedung Geologi. Satu lagi gedung yang bersejarah di jalan tersebut adalah Gedung RRI Bandung  (Radio Republik Indonesia). Dari sinilah siaran radio dipancarkan ke seluruh Jawa Barat.

Gedung di Jalan Diponegoro ini merupakan instalasi radio zaman Hindia Belanda. Gedung ini baru digunakan sekitar 1960- an setelah berpindah-pindah pada zaman mempertahankan kemerdekaan. RRI pernah menempati sebuah gedung di Jalan Mohamad Toha. Pernah pindah ke Tasikmalaya, kemudian ke Jalan Cianjur sebelum ke Jalan Diponegoro sampai sekarang.

Dari sini pula siaran pandangan mata pertandingan Persib saat mengarungi kompetisi Liga Super Indonesia di seluruh Indonesia  disebarluaskan. Siaran ini masih ditunggu penggemarnya meski stasiun televisi swasta nasional menyiarkan langsung pertandingan tersebut.

Laporan yang khas dari penyiarnya memberikan nuansa lain bagi penggemarnya. Suara penyiar Didi Mainaky, Pujo Hastowo, dan Agus Purwanto menjadi daya tarik sendiri bagi penggemar Persib saat mendengarkan siaran pandangan mata.

Gedung RRI Bandung Cikal Bakal Radio Komunikasi

Bandung menjadi tonggak sejarah bagi berkembangnya Radio Republik Indonesia (RRI). Menurut laman  rribandung.co.id, cikal bakal radio komunikasi pertama di Nusantra bermula dari Bandung pada 2 Mei 1923.

J.G. Prins seorang ahli teknik berkebangsaan Belanda dan kawan-kawannya memprakarsai pembuatan Studio Pemancar Radio. Siaran perdananya mulai dapat didengar oleh warga Bandung pada 8 Agustus 1926.

Studio Pemancar Radio tersebut diberi nama De Bandoengsche Radio Vereniging yang dibangun oleh Percetakan Corking. Siaran Radio ini dapat didengar di seluruh wilayah Priangan.

RRI Bandung juga memiliki auditorium yang sering digunakan untuk acara dan pentas seni. *

Fakta Gedung RRI Bandung

  • Gedungnya berada  di Jalan Diponegoro
  • Gedung ini baru digunakan sekitar 1960- an setelah berpindah-pindah pada zaman mempertahankan kemerdekaan.
  • RRI pernah menempati sebuah gedung di Jalan Mohamad Toha. Pernah pindah ke Tasikmalaya, kemudian ke Jalan Cianjur sebelum ke Jalan Diponegoro sampai sekarang.
  • Bandung menjadi tonggak sejarah bagi berkembangnya Radio Republik Indonesia (RRI).
  • Cikal bakal radio komunikasi pertama di Nusantra bermula dari Bandung pada 2 Mei 1923.
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!