ANDA pecinta bakso? Rugi kalau belum mencoba bakso enak di Bandung. Mau tahu apa saja?Bakso enak di Bandung ada beberapa yang memang sudah lama populer. Bahkan mereka telah hadir di kota ini sebelum milenial baru dan dunia kuliner gegap gempita.

Bakso enak di Bandung yang sudah ada pada 1979 adalah Bakso Panghegar. Pabriknya di Jalan Holis Nomor 226. Pabrik ini memiliki pelanggan setia yang selalu menggunakan produk pabrik Bakso Panghegar sebagai jualan. Pedagang bakso Panghegar tersebar di seluruh Bandung.

Olahan mi bakso ini juga yang dijual Wigianto Surya di kedainya yang bernama Bakso Panghegar Bandung, yang lokasinya masih di Jalan Holis. Kedai bakso ini populer hingga sekarang sejak dikembangkan pada 1985. Wigianto merintis kedai ini berawal berjualan mi bakso di depan pabrik Bakso Panghegar.

Pertama kali berjualan Wigianto menjual mi bakso menggunakan gerobak. Dua tahun kemudian, penjualan mi bakso meningkat. Untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan, Wigianto pindah ke tempat yang lebih representatif. Tempat itu menjadi rumah makan Bakso Panghegar Bandung hingga sekarang.

Sajian Bakso Panghegar Bandung tidak berbeda dengan sajian bakso lainnya. Di sini tersedia bakso besar, bakso kecil, mi kuah, mi yamin, atau bakso campur pangsit. Jenis baksonya ada bakso halus, bakso urat, bakso cincang, otak-otak, dan bakso gepeng. Jika ingin beli mentahannya juga bisa tinggal pergi ke pabriknya yang tak jauh dari kedai bakso.

Bakso Enak di Bandung yang Ramai Jelang Idulfitri

bakso enak di bandung
Bakso Panghegar di Jalan Suryani. | Foto serbabandung.com

Yang ini juga masuk kategori bakso enak di Bandung. Namanya Bakso Cihampelas. Kedai bakso ini selalu ramai menjelang Idulfitri. Bakso Cihampelas berada di Jalan Suryani Dalam 48. Di sini dijual berbagai jenis bakso, mulai yang kecil hingga yang besar. Selain yang berbentuk bulat di sini juga dijual bakso berbentuk gepeng.

Bakso Cihampelas juga menjual bakso yang isinya beraneka ragam. Di sini ada bakso yang isinya daging, telur, keju, urat dan sebagainya. Selain bakso tersedia juga daging sapi segar, pangsit, batagor kering, sambal, dan lain-lain.

Bakso di Kosambi

Bakso Bintang Avon termasuk bakso enak di Bandung. Kedai bakso rada susah dicari karena berada di sudut Jalan Ahmad Yani, dekat dengan persimpangan lima. Tepatnya di Jalan Ahmad Yani 29-A. Dari arah Pasar Kosambi kedai ini berada di sebelah kanan.

Jika dari simpang lima, penggemar baksi harus memutar dulu ke Jalan Sunda kemudian belok kanan Jalan Naripan arah Jalan Ahmad Yani. Lurus saja, ketika menemukan pertigaan jika menggunakan kendaraan roda empat atau dua sebaiknya parkir di sini.

Menu di sini ada mi yamin dan kuah. Untuk variasi pembeli bisa memilih pangsit, siomay, tahu, bakso, babat, ceker, dan taburan ayam yang manis gurih yang sangat lezat. Bisa juga pembeli memilih semuanya. Mi kuah di sini memliki keunggulan karena ada rasa kaldu ayam kampung. Harga menu di sini berada di kisaran Rp 8.000-14.000.

Yang unik dari Bakso Bintang Avon adalah sambalnya. Di sini ada dua jenis sambal yaitu sambal cengek (cabai rawit) dan sambal bawang. Sambal bawang inilah yang unik karena tidak disediakan oleh kedai bakso lain dan terbuat dari campuran air cabai dan bawang putih.

Usaha Bakso Bintang Avon dirintis H. Maryono pada 1991. Maryono memulai usahanya berdagang menggunakan gerobak di depan kantor Avon di Jalan Naripan. Avon adalah peroduk kosmetik yang bermarkas di New York Amerika.

Bakso di Lodaya

Mie Akung termasuk kedai bakso terkenal di Bandung. Loakasinya persis di Jalan Lodaya No.123. Kedai ini tidak jauh dari perempatan Jalan Martanegara, Jalan Lodaya, dan Jalan Pelajar Pejuang. Warga Bandung atau luar Bandung sangat kenal dengan tempat yang menawarkan kenikmatan mi dan bakso khas ini.

Kedai bakso ini sudah lama berdiri sekitar tahun 1996. Di kawasan Buahbatu, terutama di Jalan Lodaya, kala itu, belum seramai sekarang. Rumah makan dan gerai lain tidak sebanyak sekarang.

Mie Akung buka setiap hari untuk melayani pelanggannya kecuali pada Jumat. Setiap harinya kedai bakso ini mulai buka pukul 10.00 sampai pukul 22.00. Menu-menunya menggoda selera. Salah satu menu favorit di sana adalah BPTSC (Baso, Pangsit, Tahu, Siomay, Ceker). BPTSC ini sebagai pelengkap dari mi yang pengunjung pesan.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.