Toko Oleh-oleh Haji di Jalan Ibu Inggit Garnasih Bandung

Toko oleh-oleh haji atau umrah di Bandung tak sulit untuk mencarinya. Banyak toko-toko yang menyediakan yang biasa dibawa jemaah Indonesia sepulang dari Arab seperti kurma, kacang, cokelat, hingga sajadah. Satu di antara toko tersebut adalah Toko Al Haramain. Toko ini sidah berdiri tiga tahun yang lalu.

Toko Al Haramain berada di Jalan Ibu Inggit Garnasih (Ciateul) 36, Bandung. Lokasinya tidak jauh dari simpang empat Jalan Ciateul dengan Jalan Oto Iskandardinata. Bila dari arah Jalan Pungkur, Toko Al Haramain berada di sebelah kiri jalan. Tokonya cukup besar dan billboard-nya yang menonjol memudahkan konsumen untuk mencarinya.

Apa saja yang dijual di Toko Al Haramain? Yang pasti beragam kurma dijual di sini. Kurma Nabi/Ajwa, Meddjool, Safawi, dan lain-lain dijual dalam kemasan atau perkilo. Untuk menjaga kesegaran kurma-kurma tersebut disimpan dalam lemari pendingin. Harganya bervariasi, satu kilogram kurma ada yang dijual Rp 40.000 per kg.

Cokelat khas Arab pun bisa dijual di sini. Seperti kurma, cokelat-cokelat ini ada yang dijual kemasan maupun perkilo. Merek-mereknya sama dengan yang dijual di Mekkah atau Madinah seperti Cokelat Atalita. Di Toko Al Haramain, cokleat dijual Rp 125.000. Dalam satu kilo tersebut cokelatnya bisa beragam tergantung permintaan. Selain cokelat ada juga Turkish Delight, Date Ma’moul, dan Cokelat Batu.

toko oleh-oleh haji
Kurma yang dijual di Toko Al Haramain, Ciateul, Bandung. | Foto serbabandung.com

Toko Al Haramain menjual buah-buahan kering seperti apricot dan buah tin. Di sini pun tersedia berbagai macam kacang-kacang khas Arab seperti kacang arab/cheakpeas, pistachio, almond dan lain-lain. Kacang-kacang tersebut dijual tergantung beratnya.

Toko Oleh-oleh Haji yang Menjual Karpet

Toko Al Haramain menyediakan beragam sajadah dan karpet. Corak dan warnanya menarik konsumen untuk memilihnya. Bahan-bahannya berkualitas. Terdiri dari berbagai ukuran mulai dari ukuran sujud, small, tanggung, sampai sajadah roll untuk di masjid.

Toko lain yang menjual oleh-oleh haji atau umrah adalah Bursa Sajadah. Pusat perlengkapan muslim dan oleh-oleh haji/ini sudah berdiri sejak 1998 dan berdiri bukan di pusat keramaian melainkan di sebuah jalan di kawasan Tegallega, yakni di Jalan Inhoftank.

Pasar Baru, Jalan Oto Iskandardinata, pun terdapat pusat oleh-oleh dari Arab. Tempatnya berada di Lantai 4. Semua yang biasa dibawa orang yang baru pulang dari tanah suci tersedia di sini. Mulai dari makanan, kosmetik, bahkan obat-obatan yang biasa dijual di Arab.

Satu di antara toko oleh-oleh haji di Pasar baru adalah Toko Ramadhani. Tepatnya berada di Lantai 4 Blok C No 18. Toko ini melayani juga grosiran. Ramadhani buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00. Toko ini menjual semua oleh-oleh yang dibawa oleh warga yang baru pulang dari tanah suci, seperi kurma, air zamzam, aksesori seperti sajadah, tasbih, atau poci.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.