Taman Bougenville di Gunung Puntang Cimaung

TEMPAT wisata ini masih relatif baru. Namanya Taman Bougenville. Lokasinya di kaki Gunung Puntang di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Banjaran-Pangalengan, Kabupaten Bandung. Tempat wisata alam ini berdampingan dengan bumi perkemahan Gunung Puntang.

Untuk menuju ke sini jika menggunakan mobil pribadi dari arah Bandung bisa ditempuh melalui Jalan Buahbatu ke Jalan Bojongsoang. Dari Bojongsoang terus lurus hingga ke perempatan Jalan Siliwangi, Bleendah. Dari sana jalurnya lurus saja sampai menemukan Jalan Raya Banjaran belok kiri. Ikuti jalan ini sampai ke Banjaran.

taman bugenville
Taman Bugenville di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Banjaran-Pangalengan, Kabupaten Bandung. | Foto http://tamanbougenville.com/

Dari Banjaran ambil jalur yang ke arah Pangalengan. Setelah menemukan Kecamatan Cimaung tinggal belok kiri mengikuti petunjuk yang ada di sana. Jalan ke Gunung Puntang ukurannya tidak terlalu besar dan berkelok-kelok. Taman yang dituju berada sebelum ke bumi perkemahan Gunung Puntang.

Dari arah Bandung juga bisa melewati jalur Jalan Moh Toha. Dari jalan ini tinggal lurus hingga ke Dayeuhkolot. Dari Dayeuhkolot ambil jalur yang ke Banjaran. Dari sini rutenya tidak berbeda dengan rute yang telah dijelaskan di atas.

Apa saja yang bisa didapatkan wisatawan di sana? Hawa sejuk dengan suasana alam hutan, pegunungan, ladang, sawah yang asri dan alami menyatu memberikan pesona tersendiri bagi pengunjungnya.

Areal Taman Bougenville terbelah sungai Cigeureuh. Air sungai itu masih jernih mengalir di sela-sela bebatuan. Jembatan bambu yang menghubungkan kedua sisi sungai memberikan pemandangan lain bagi pengunjung.

Selain pesona alam, kesejukan udara hutan di sana terdapat fasilitas yang bisa untuk melupakan kesibukan sehari-hari. Di sana ada arena outbound, paint ball, taman alam, rafting dan lain-lain.

Di sana tersedia juga kolam renang Cikahuripan dan Sipatahunan. Airnya yang jernih berasal dari mata air pegunungan. Kolam renangnya dilengkapi beberapa seluncuran dan waterboom.

Taman Bougenville juga menyediakan 6 buah Villa yang bisa disewa. Vila tersebut adalah Rasamala, Pinus, Cemara, Puspa, Suren, dan Log Home Campaka.

Untuk masuk ke Taman Bougenville pengunjung harus membayar tiket masuk Rp.20.000.

Kontan Taman Bougenville

Phone: 081322555518/081322555581/022-7309983
Email: tbougenville@yahoo.co.id

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.