Penjual Takoyaki, Makanan Khas Jepang yang Enak di Bandung

TAKOYAKI adalah camilan khas Jepang. Bentuknya bulat seperti bakso. Orang menyebutnya bakso panggang Jepang. Kata tokayaki merupakan singkatan dari tako yang berarti gurita dan yaki yang berarti panggang. Penganana ini  dipanggang dalam cetakan setengah bulatan kemudian dibalik-balik sehingga membentuk bulatan seperti bakso.

Bahan camilan ini menggunakan tepung gandum khusus. Bumbunya merupakan racikan khusus Jepang. Kemudian dicampur telur dan potongan-potongan daging. Rahasia bahan lainnya adalah bawang daun yang tidak bau saat disantap.

Gerai takoyaki di Bandung. | Foto http://www.takoyaki-indonesia.com/
Gerai takoyaki di Bandung. | Foto http://www.takoyaki-indonesia.com/

Untuk melengkapi kelezatannya makanan ini  ditaburi bumbu saus jepang  yang rasanya asam manis. Makanan ini  juga ditaburi mayones kuning dan serutan ikan bonito sejenis tuna yang telah diasapkan (katsuobushi). Untuk menambah warna, selera dan aroma khas makanan Jepang, santapan ini  ditaburi nori cincang.

Paling mantap makanan ini  disantap saat panas-panasnya. Selain untuk camilan, bisa disantap sebagai lauk dengan nasi. Santapan ini  akan mengenyal seperti bakso dalam keadaan dingin. Makanan ini  akan lembut kembali setelah dipanaskan dalam microwave atau di atas wajan teflon selama 30 detik.

Santapan  ini  merupakan makanan tradisional yang pembuatannya juga secara tradisional oleh keluarga-keluarga Jepang di rumah-rumah. Masakan ini  pertama kali dibuat oleh Endo Tomekichi di tokonya yang bernama Aizu di Osaka. Kini makanan ini tak hanya bisa dijumpai di Jepang, tetapi menyebar termasuk ke Indonesia.

Di Bandung, makanan ini  pun sudah bisa dijumpai seperti di Yogya Riau Junction, Lantai 3 Foodcourt Istana Plaza, Paskal Food Market, Featival City Link, Halaman Toko Buku Gramedia Merdeka, Plaza IBCC, dan Krangkring Foodcourt Jalan Ciliwung.

Yang mempopulerkan makanan ini  di Indonesia adalah Takoyaki Indonesia. Tadinya mereka menjualnya  hanya terbatas pada kalangan ekspatriat terutama asal Jepang. Namun karena permintaan semakin banyak mereka  mulai menjualnya di tempat umum seperti di GOR Pajajaran Bandung, sekolah-sekolah, bazar-bazar dan tempat keramaian lainnya.

Pada 12 Februari 2004, Mereka memulai usaha ini secara massal. Mulai mengurus perijinan mulai dari paten logo dan produk sampai kepada ijin dinas kesehatan. Legalitas tersebut untuk memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dan keyakinan kepada konsumen saat menyantap takoyaki.

Takoyaki di Bandung Bisa Diperoleh di Sini

  • Yogya Riau Junction
  • Lantai 3 Foodcourt Istana Plaza
  • Paskal Food Market
  • Featival City Link
  • Halaman Toko Buku Gramedia Merdeka
  • Plaza IBCC
  • Krangkring Foodcourt Jalan Ciliwung

Sumber tulisan: takoyaki-indonesia.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.