Mobil pelayanan Mang Udin dan Bi Eha untuk yang Lansia dan Difabel

Mobil pelayanan buat warga
Wali Kota Bandung Oded M Daniel berada di tengah-tengah warga yang memanfaatkan mobil pelayanan. Foto ini diambil dari laman humas Kota Bandung. Dan diambil jauh sebelum ada pandemi.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung (Disdukcapil) meluncurkan mobil pelayanan Mang Udin (Mangga Urus Identitas Kependudukanna) dan Bi Eha (Bisa Euy Hebat).

Apa itu mobil pelayanan Mang Udin (Mangga Urus Identitas Kependudukanna) dan Bi Eha (Bisa Euy Hebat)?

Mobil pelayanan Mang Udin dan Bi Eha khusus melayani para Lansia, jompo, dan difabel.

Mobil datang ke rumah-rumah. Ini untuk memudahkan bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke tempat pelayanan.

Menurut Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, inovasi ini merupakan upaya pemerintah untuk menyukseskan masalah administrasi kependudukan.

“Ini semua dalam rangka akurasi data, terutama dari mulai data yang dibutuhkan manusia yang baru lahir sampai masuk liang kubur (mati). Dulu hanya sekadar akte lahir aja, tapi sekarang ada akte mati juga,” kata Mang Oded dalam laman humas.bandung.go.id.

Mang Oded mengapresiasi atas hadirnya mobil tersebut. “Insyaa Allah, dengan kolaborasi maka lahir inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Mobil Pelayanan KTP-el

Disdukcapil Bandung memberikan kemudahan bagi warganya untuk mengurus surat-surat penting seperti KTP-el, akta kelahiran, akta kematian, dan lain-lain. Mereka memiliki layanan Memberikan Pelayanan Keliling (Mepeling) bagi warganya yang membutuhkan.

Mobil Mepeling Disdukcapil Bandung ini memiliki jadwal tersediri. Setiap pekan biasanya beralih tempat untuk melayani warganya. Jadi sebelum memanfaatkan layanan ini pastikan dulu jadwalnya. Setiap minggunya, agenda Mepeling selama tiga hari, yakni Selasa, Rabu, dan Kamis.

Layanan khusus Mepeling diberikan untuk warga kecamatan. Adapun jadwal khusus jadwal di Balai Kota Bandung untuk semua Warga Kota Bandung.

Untuk memastikan jadwal Mepeling Disdukcapil Bandung biasanya diunduh di media sosial Instagram dan Twitter di @disdukcapilbdg.

Sebelum melakukan pengurusan di Mepeling sebaiknya warga mempersiapkan persyaratan yang harus dibawa sesuai surat yang akan diurus.

Untuk Kartu Identitas Anak (KIA) diurus oleh orang tua langsung atau saudara/keluarga yang tercantum dalam kartu keluarga.

Mobil mepeling menyediakan 200 akta kelahiran. Jadi pastikan datang lebih awal agar tidak kehabisan. Warga harus antre terlebih dulu saat mobil mepeling datang.

Untuk mengurus semua surat-surat penging yang bersangkutan harus datang sendiri jangan menguasakan pada orang lain. Perlu diketahui layanan di mepelling tidak dipungut biaya.

Mobil Mepeling yang dimiliki Disdukcapil Bandung sebanyak 8 mobil, yakni enam mobil berbasis IT dan 2 mobil dengan teknologi manual. Mepeling akan berkeliling ke tiga kecamatan setiap harinya. Dalam sebulan, 120 jadwal operasional mepeling telah ditentukan.

Dengan cara ini, Disdukcapil mampu mengurangi 400-500 antrean di Kantor Disdukcapil, Jalan Ambon No. 1 B Kota Bandung. Kalau setiap harinya 700 orang datang ke Dinas Kependudukan, dengan adanya mobil ini sekarang tinggal 200-an dan warga sudah memiliki jadwal pasti jam berapa dan loketnya di mana.

Selain di Mepeling pengurusan surat-surat juga bisa di kantor Disdukcapil Kota Bandung Jalan Ambon. Layanan di kantor buka setiap hari kerja hingga pukul 13.00 WIB. Layanan juga dibuka di Mall Festival Citylink pukul 10.00 WIB-13.00 WIB.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *