Menyeruput Bandrek Bandung yang Menyegarkan

SELAIN bajigur, minuman tradisional dari Jawa Barat adalah bandrek. Minuman ini  biasanya dihidangkan di kawasan yang bercuaca dingin atau pada saat cuaca dingin, seperti di kala hujan.

Bahan dasar bandrek adalah jahe dan gula merah. Untuk menambah kehangatan, di daerah tertentu biasanya ditambah rempah-rempah lain, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.

Bandrek : Foto hanjuang.com
Bandrek | Foto hanjuang.com

Berbeda dengan bajigur yang dalam penyajiannya ditambahkan kolang kaling, minuman yang menghangatkan ini disertai serutan kelapa. Kadang juga susu ditambahkan untuk meperlezat minuman tersebut. Minuman ini  biasanya dinikmati bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, dan juga gorengan.

Banyak orang Indonesia percaya bahwa minuman ini  dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, dan batuk. Sekarang banyak yang menjual minuman penghangat ini  dalam bentuk instan agar bisa dinikmati di mana pun dan kapan pun.

Di Bandung pedagang minuman ini  biasanya menjajakannya bersama bajigur lengkap dengan makanan pendampingnya seperti katimus, kacang rebus, pisang rebus, ubi rebus, singkong rebus, gorengan, dan makanan pendamping lainnya.

Para pedagang menjajakan minuman ini menggunakan gerobak roda. Mereka menjajakan dari jalan ke jalan pada sore hari hingga malam. Selain itu ada juga yang menjajakannya di tenda-tenda atau gerai-gerai di beberapa kawasan di Bandung.

Di sekitar wisata Dago Pakar, Taman Hutan Raya, dan Curug Dago yang terdapat warung minuman ini. Di sini juga tersedia bajigur dan camilan yang mengundang selera. Biasanya pengunjung warung ini adalah yang bersepeda yang memilih rute tersebut.

Ada juga bandrek lezat lainnya di Jalan Cisangkuy. Namanya bandrek Ibu Hj. Siti Maemunah. Mulai berdagang pada 1958. Awalnya berdagang di Jalan Supratman.

Selain menjual bandrek juga menjual bajigur, dan yang paling favorit adalah nangka goreng. Jangan lupa bandrek di sini juga bisa dicampur susu yang rasanya menyegarkan siap untuk diseruput pengunjung. *

Resep Bandrek Bandung

Bahan:
1. 1 litter air matang.
2. 250 gram gula merah (sisir halus).
3. 1 batang serai (memarkan).
4. 1 ruas jahe (bakar kemudian memarkan).
5. 2 lembar daun pandan (kira-kira 20 cm kemudian ikat simpul).
6. 5 butir cengkeh.
7. 5 cm kayu manis.
8. ½ sdt garam halus.
9. Kerukan daging kelapa muda.
Cara membuat :
Mula-mula rebus air yang telah disiapkan kemudian masukkan gula merah, serai, jahe, daun pandan, kayu manis, cengkeh dan garam. Masak dan didihkan bahan-bahan tersebut hingga harum. Setelah mendidih dan air bandrek harum, kemudian saring lalu ambil air bandreknya saja.
Terakhir, tuangkan air bandrek kedalam gelas.

Sumber: kulinerbee.blogspot.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.