Kue Bibika, Kue Khas di Kampung Cibiru, Cihanyir, Kabupaten Bandung

KABUPATEN Bandung memiliki destinasi wisata bagi penggemar kuliner. Namanya kampung kue bibika. Bibika adalah kue tradisional yang rasanya manis, legit, lembut, dan mengenyangkan. Kampung tersebut berada di Kampung Cibiru, Desa Cihanyir, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung.

Kue ini  menjadi ciri khas Kampung Cibiru karena warganya banyak yang membuat kue ini. Berdasarkan informasi, kue ini mulai diproduksi sejak tahun 1965. Di Kampung Cibiru, Desa Cihanyir, Kecamatan Cikancung ini punya tradisi memproduksi kue bibika saat hari raya.

Kue bibika ternyata tidak hanya disukai warga setempat. Permintaannya datang dari berbagai daerah, termasuk dari luar negeri. Kue bibika ini telah menyebar sampai ke Timur Tengah.

Saat ini di Kampung Cibiru terdapat 15 orang yang memproduksi kue bibika di rumah tinggalnya. Jumlah tersebut berpotensi dan bisa jadi peluang yang bagus untuk peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.

kue bibika
Peresmian Kampung Bibika oleh Bupati Bandung, Dadang Naser | Foto https://bandungraya.net/2018/07/26/bupati-kue-bibika-agar-dikembangkan-dengan-inovasi-kekinian.html

Kue Bibika Bakal Diproduksi Lebih Canggih

Untuk mendorong keberadaan Kampung Bibika, kue tersebut bakal diproduksi lebih canggih, dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

“Selain produksi, kemasan juga pemasarannya harus lebih baik, Misalnya pemasaran secara online, sehingga bisa lebih banyak dikenal masyarakat luas, bahkan hingga mancanegara,” kata Bupati Bandung, Dadang M. Naser,SH, S.Ip, saat meresmikan Kampung Bibik di Kampung Cibiru, Kamis (26/7/2018).

Bupati Bandung mengimbau, agar dinas terkait, Penggerak Pemberdayaan Keluarga (PKK), Dharma Wanita dan unsur lainnya, bisa terus memberikan pembinaan, bimbingan teknis olahan pangan, kemasan kue dan olahan yang memiliki tampilan yang menarik konsumen.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan) Kabupaten Bandung Ir. Dadang Hermawan mengatakan, sudah melakukan pembinaan pangan terhadap kelompok masyarakat di daerah tersebut.

Dadang Hermawan mengatakan sasaran dari pembinaan yang dilakukan bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat, agar potensi tradisi membuat kue bibika di Desa Cihanyir bisa dikembangkan, baik dari segi rasa, nilai gizi, penampilan, bahkan pemasaran produk.

Peresmian Kampung Bibika untuk mendukung program Seribu Kampung yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bandung. Kampung-kampung tersebut bisa memunculkan produk unggulan di berbagai sektor, baik wisata, agrikultur, dan peternakan, maupun industri kreatif.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.