Jembatan Layang Antapani, Pengurai Kemacetan di Simpang Antapani

Keren, Bandung sebentar lagi punya jembatan layang baru. Letaknya di Jalan Ibrahim Ajie (Kiaracondong). Jalan ini membentang mulai dari Jalan Terusan Jakarta  hingga Jalan Jakarta. Jembatan Layang Antapani ini dibangun untuk mengantispasi kemacetan yang kerap terjadi di persimpangan tersebut.

Jembatan Layang Antapani, mulai dicanangkan pada 10 Juni 2016 oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Jembatan ini merupakan jembatan pertama di Indonesia yang dibangun menggunakan teknologi struktur baja bergelombang dengan kombinasi mortar busa.

Selain menggunakan teknologi canggih, asitekturnya juga mengundang orang untuk sekadar melihat Jembatan Layang Antapani. Orang tak hanya lewat ke sana tetapi mendapat suguhan grafiti di dinding di jembatan dan di dinding bagian penyanggah jembatan.

Jembatan Layang Antapani
Jembatan Layang Antapani di Simpang Antapani, Bandung. | Foto serbabandung.com

Lampu-lampu yang menghiasi jembatan ini dipasang di besi berbentuk kurva berwarna biru. Pada malam hari, jembatan layang ini terlihat terang benderang. Cahaya lampu menjadikan jembatan tersebut terlihat indah, apalagi bila melihatnya dari atas.

Pendanaan pembangunan jembatan ini menghabiskan Rp 35 miliar. Anggarannya merupakan patungan yang datang dari Kementerian PUPR sebesar Rp 21,5 miliar, Pemkot Bandung senilai Rp 10 miliar, dan Rp 2 miliar berupa material dari Posco Steel Korea.

Rabu (28/12/2016), jembatan tersebut diuji coba. Hasilnya memang masih terjadi kemacetan di sana. Namun dengan seiring waktu kemacetan itu bisa terurai. Rencananya jembatan ini akan diresmikan menjelang pergantian tahun oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Pada Rabu sore, pengerjaan jembatan itu masih terus berlangsung. Sebuah stoom tampak terparkir di jembatan itu, dan beberapa pegawai masih melakukan finishing di dinding jembatan. Untungnya sore itu, arus lalu lintas dari Kiaracondong, Antapani, dan dari arah Cicadas tidak terlalu ramai.

Sebetulnya di kawasan ini, tepatnya di Jalan Ibrahim Ajie, telah dibangun jalan layang yang membentang dan melewati rel kereta api dekat Stasiun Kiaracondong. Jembatan ini dibangun untuk mengantisipasi kemacetan yang selalu terjadi di Kiaracondong. Apalagi di sana ada perlintasan kereta api. *

Spesifikasi Jembatan Layang Antapani

  • Struktur jembatan: corrugated atau armco
  • Jumlah bentang jembatan: 3 bentang yaitu 11 meter x 2 dan 22 meter
  • Tinggi jembatan: 5,1 meter
  • Lebar jembatan: 9 meter
  • Panjang bentang jembatan: 44 meter
  • Lebar lalu lintas 6,5 meter
  • Lebar bahu 0,75 m x 2= 1,5 m
  • Jumlah jalur: 2 lajur 2 arah
  • Waktu konstruksi 6 bulan

One thought on “Jembatan Layang Antapani, Pengurai Kemacetan di Simpang Antapani”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.