Pangalengan, Kawasan Perkebunan yang Janjikan Tempat Wisata Menarik

Pangalengan merupakan kota kecamatan di Kabupaten Bandung. Dari Bandung jaraknya sekira 45 km. Jika menggunakan kendaraan pribadi dan arus lalu lintas dalam keadaan normal bisa ditempuh dalam 2 jam saja. Kawasan ini berada di selatan Bandung ke arah Banjaran.

Selain Kendaraan Pribadi, ke Pangalengan bisa menggunakan bus ekonomi atau elf di Terminal Leuwipanjang atau Sub Terminal Kebon Kalapa. Tarif bus kisaran Rp. 10.000 dengan waktu perjalanan kurang lebih tiga jam.

Di kawasan ini banyak tempat wisata alam yang menawan dan banyak dikunjungi, seperti Situ Cileunca, perkebunan teh, kolam pemandian air panas Cibolang, rumah Boscha.

Belakangan kawasan ini semakin diperbincangkan setelah sebuah rumah di Kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan dijadikan tempat syuting film berjudul “Pengabdi Setan”.

pangalengan
Suasan jalan di Kota Kecamatan Pangalengan, Selasa (12/12/2017) sore. | Foto serbabandung.com

Situ Cileunca adalah tempat wisata di Pangelengan yang paling populer. Danau ini merupakan buatan manusia yang luasnya sekitar 1.400 hektare. Kedalamannya mencapai 17 meter. Tempat ini menjadi destinasi wisata karena keindahan alamnya. Di sini juga bisa digunakan untuk kemping.

Di Pangelengan terhampar perkebunan teh Malabar. Perkebunan ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusanatara (PT PN) VIII. Kebun teh Malabar luanya mencapai 2.022 hektare. Kebun teh Malabar masih berjarak 10 km lagi dari arah pasar. Pelancong tinggal mengambil jalan terus sampai akhirnya menemukan pintu gerbang perkebunan Malabar.

Ada Rumah Bosscha di Pangalengan

Di perkebunan ini menyimpan catatan sejarah. Di sini terdapat makam dan rumah peninggalan K.A.R Bosscha. Bosscha adalah pendiri Perkebunan Teh Malabar pada Agustus 1896. Dia juragan seluruh perkebunan teh di kawasan tersebut.

Rumah Bosscha merupakan tempat wisata. PT PN VIII menyediakan wisma, villa, atau guest house bagi para wisatawan. Guest house ini berada di samping Rumah Bosscha.

Selain tempat wisata kawasan pegunungan di Bandung Selatan ini terkenal sebagai penghasil pertanian dan peternakan. Sayur-sayuran yang dihasilkan petani di Pangalengan di antaranya adalah jagung, kentang, kubis, tomat, cabai merah, dan bawang merah.

Untuk peternakan, di sana terkenal dengan peternakan sapi perahnya. Para peternak memiliki unit usaha yang sangat terkenal yakni Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS). Susu yang dihasilkan sudah menyebar ke mana-mana. Bahkan susu itu diolah kembali menjadi peremen susu, kerupuk susu, dan makanan lainnya yang menjadi ciri khas kuliner dari kawasan tersebut.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.