Observatorium Bosscha di Lembang Bisa Dikunjungi Warga

BISAKAH warga biasa berkunjung me Observatorium Bosscha? Ternyata bisa. Observatorium yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB) ini memberi kesempatan kepada warga untuk mengenal oberservatorium terbesar di Indonesia ini.

observatorium bosscha
Observatorium Bosscha. Foto http://bosscha.itb.ac.id/id/index.php/category/untuk-media/

Warga bisa mengunjungi observatatorium di Lembang ini pada Sabtu. Bagi yang ingin berkunjung bisa datang langsung ke sana. Pengelola hanya memberikan kesempatan mulai pukul 09.00-13.00 WIB. Untuk  berkunjung ke sini tidak gratis, tapi pengunjung harus membayar Rp 15.000. Harga yabag sangat murah. Di program ini, pengunjung bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong) dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia.

Pengunjung obeservatorium bisa berkunjung secara rombongan. Banyak waktu kunjungan yang bisa dipilih karena untuk rombongan disiapkan  waktu tiap hari kecuali Sabtu. Setipa harinya terbagi tiga seksi. Sebaiknya sebelum berkunjung melihat jadwal dan tata cara kunjungan di

Selain itu disediakan juga kunjungan pada malam hari. Pengunjung bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong), mendapat informasi astronomi di ruang multimedia, dan meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Sesi acara ini bisa saja batal jika cuaca hujan atau mendung. Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp  20.000/orang.

Program kunjungan malam hanya dibuka beberapa malam di musim kemarau (April sampai Oktober). Observatorium dibuka mulai pukul 17.00 – 20.00. Yang berminat berkunjung ke sana pada malam hari harus mendafar jauh hari sebelumnya karena jumlahnya dibatasi. Pengunjung harus  datang sebelum acara dimulai.

Jadwal kunjungan malam untuk umum biasanya telah ditentukan oleh pengelola. Untuk memastikan jadwal tersebut bisa dilihat di http://bosscha.itb.ac.id/id/index.php/jadwal-kunjungan/. Biasanya setiap tahunnya ada perubahan.

Warga yang berkunjung harus mematuhi tatatertib yang telah disediakan pengelola. Pengunjung harus datang tepat waktu karena kalau tidak jadwal kunjungan bisa dibatalkan. Jumlah pengunjung harus sesuai dengan jumlah yang telah didaftarkan sebelumnya.  Penambahan jumlah dapat dikenai sanksi mulai dari pembayaran dua kali lipat hingga penolakan kunjungan

Pengunjung Observatorium Bosscha harus menjaga kebersihan dan ketertiban dengan berpakaian yang rapi dan sopan (bagi siswa memakai seragam sekolah). Bus harus diparkir di tepi jalan dan pengunjung berjalan kaki kira-kira 1 km. Bagi yang  menggunakan mobil biasa, dapat masuk ke kompleks observatorium.

Peraturan lainnya adalah pengunjung tidak boleh  membawa binatang peliharaan; tidak mengadakan kegiatan makan bersama di kompleks observatorium, tidak mengadakan acara seperti pembagian rapor, games, outbond, foto pre-wedding; saat kunjungan malam tidak memotret menggunakan lampu flash; tidak merokok di lingkungan observatorium; dan di musim hujan harap sedia payung.

Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung dengan koordinat geografis 107° 36′ Bujur Timur dan 6° 49′ Lintang Selatan. Tempat ini berdiri di atas tanah seluas 6 hektare, dan berada pada ketinggian 1310 meter di atas permukaan laut atau pada ketinggian 630 m dari dataran tinggi Bandung.  *

Tatatertib Berkunjung ke Observatorium Bosscha

Datang tepat waktu. Keterlambatan lebih dari satu jam dapat dikenai sanksi kunjungan dibatalkandatang sesuai jumlah yang telah terdaftar.

Penambahan jumlah dapat dikenai sanksi mulai dari pembayaran dua kali lipat hingga penolakan kunjungan

Menjaga kebersihan dan ketertiban selama berkunjung di observatorium

Memakai pakaian yang rapi dan sopan (bagi siswa memakai seragam sekolah)

Memarkir bus atau kendaraan besar lain di tepi jalan, lalu berjalan kaki ke Observatorium Bosscha (kira-kira 1 km). Apabila pengunjung menggunakan mobil biasa, dapat masuk ke kompleks observatorium

Tidak membawa binatang peliharaan

Tidak mengadakan kegiatan makan bersama di kompleks observatoriumtidak mengadakan acara seperti pembagian rapor, games, outbond, foto pre-wedding, di kompleks observatorium

Saat kunjungan malam tidak memotret menggunakan lampu flash

Tidak merokok di lingkungan observatorium

Di musim hujan harap sedia payung

Tanggal Berkunjung ke Observatorium Bosscha pada Malam
(Agustus-Desember 2016)

Agustus  11, 12, 25, 26
September 8, 9, 22, 23
Oktober 6, 7, 20, 21

Bahan tulisan  http://bosscha.itb.ac.id/id/index.php/category/untuk-media/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.