Lapangan Bola Basket di Bandung Mulai di C-Tra Arena hingga Saparua

BANDUNG punya banyak lapangan bola basket yang representatif bankan stadarnya sudah masuk kategori internasional. Satu di antaranya adalah lapangan bola basket di Cikutra. Namanya C-Tra Arena. Gelanggang olah raga (GOR) ini banyak yang menyebut miniatur Madison Square Garden tempat klub NBA New York Knick bermarkas.

Lapangan bola basket C-Tra Arena sering digunakan untuk pertandingan-pertandingan berkelas nasional dan internasional. Liga Basket Indonesia pun sering digelar di sini. Di lapangan ini pula banyak lahir atlet-atlet basket nasional yang membawa harum bangsanya.

C-Tra Arena memiliki luas 500 meter per segi. Lantainya menggunakan parket kayu jati masing-masing berukuran 1,2x5x30cm. Sebelum dipasang parket, lantai dilapisi bantalan karet setebal 1,2cm, kemudian karet tersebut ditutupi dengan dua lapis Plywood dengan ketebalan masing-masing 15mm. Teknik tersebut merupakan teknik pemasangan bertaraf internasional.

Lapangan bola basket C-tra Aren di Jalan Cikutra Bandung. | Foto  c-traarena.blogspot.co.id
GOR C-Tra Aren di Jalan Cikutra Bandung. | Foto c-traarena.blogspot.co.id

Lapangan bola basket tersebut dibangun pada 1998-1999. GOR ini merupakan hadiah tim basket Jawa Barat yang berhasil menyabet medali emas cabang olahraga basket PON 1996. C-tra Area selain digunakan untuk pertandingan basket juga sering digunakan untuk kegiatan nonlahraga seperti konser musik, acara wisuda, opspek, try out, dan lain-lain.

Bandung juga memiliki gelanggang olah raga di Jalan Pajajaran. GOR ini sering disebut GOR Pajajaran. Di lapangan ini sering digunakan untuk pertandingan basket antarklub maupun yang bertarap internasional. Baru-baru GOR ini direnovasi menjelang penyelenggaraan PON 2016 di Jawa Barat.

Lapangan Bola Basket Outdoor

Lapangan bola basket outdoor tersedia di Lapangan Sabuga. Tempat bermain basket di sana ada beberapa. Selain bisa digunakan pada pagi hingga sore, lapangan ini juga bisa digunakan pada malam hari karena tersedia penerangan yang memadai.

Di sekolah-sekolah yang lahannya luas biasanya memiliki lapangan bola basket. Seperti di SMA Negeri 8 atau di SMK Telkom Jalan Malabar. Lapangan basket juga biasanya tersedia di kampus-kampus, seperti di Universitas Telkom, Dayehkolot, Kabupaten Bandung.

Di Lapangan Saparua, tempat favorit warga Bandung berolahraga tersedia lapangan basket yang sering digunakan untuk pertandingan antarklub atau sekadar berlatih. Sarana olahraga di sini semakin nyaman setelah direnovasi menjelang penyelenggaraan PON 2016 di Jawa Barat. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

One thought on “Lapangan Bola Basket di Bandung Mulai di C-Tra Arena hingga Saparua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.