GOR C-Tra Arena Miniatur Kandang New York Knick

KALAU Anda penggemar basket tentu kenal kompetisi NBA di Amerika Serikat. Pasti kenal juga klub New York Knick. Nah, klub ini memiliki gedung olahrga (GOR) yang sangat populer, namanya Madison Square Garden.  C-Tra Arena ternyata miniatur dari GOR milik New York Knick tersebut. GOR C-Tra adalah GOR yang berlokasi di Jalan Cikutra Kota Bandung, tak jauh dari Taman Makan Pahlawan Cikutra.

“GOR ini dibangun meniru stadion milik klub NBA New York Knick. Jadi C-Tra Arena ini miniatur New York Knick,” ujar Pembina Yayasan Siliwangi Santosa Mandiri Setiyanto P. Santosa kepada wartawan, belum lama.

GOR C-Tra Arena tadinya dibangun khusus untuk cabang olahraga bola baset. Pembangunannya dilakukan pada 1989-1999 saat bangsa Indonesia harus bergelut dengan krisis ekonomi. GOR ini merupakan hadiah kepada tim basket Jawa Barat yang berhasil menyabet medali emas cabang olahraga basket PON 1996.

C-Tra Arena
GOR C-Tra Aren di Jalan Cikutra Bandung. | Foto c-traarena.blogspot.co.id

C-tra Arena merupakan salah satu fasilitas olahraga bertaraf internasional. GOR ini sekarang, selain untuk menggelar pertandingan basket juga sering digunakan untuk olahraga indoor seperti bola voli, futsal, karate, Taekwondo, dan cabang olahraga indoore lainnya.

GOR ini sering digunakan untuk kegiatan nonlahraga seperti konser musik, acara wisuda, opspek, try out, dan lain-lain.

Luas lapangan basket C-Tra Arena memiliki luas 500 meter per segi. Lantainya menggunakan parket kayu jati masing-masing berukuran 1,2x5x30cm. Sebelum dipasang parket, lantai dilapisi bantalan karet setebal 1,2cm, kemudian karet tersebut ditutupi dengan dua lapis Plywood dengan ketebalan masing-masing 15mm. Teknik tersebut merupakan teknik pemasangan bertaraf internasional.

Pengelola sarana dan prasarana GOR ini, tadinya dilakukan oleh Yayasan Siliwangi Santosa. Namun mulai 1 Oktober 2015 PT. Bandung Utama Raya akan mulai mengelolanya setelah dilakukan penyerahan pada Jumat (18/9/2015) di C-Tra Arena. Dengan penyerahan pengelolaan tersebut sekaligus C-Tra Arena menjadi home base tim basket Bandung Utama yang akan berlaga di Liga Bola Basket Profesional Indonesia.

“Pemanfaatan tidak hanya sebatas pada kegiatan olahraga tapi juga memaksimalkan C-Tra Arena sebagai fungsi ruang terbuka publik. Masyarakat sekitar dapat menikmati fasilitas yang ada,” kata Direktur Utama PT Bandung Utama Raya Dennies Depriadie dikutip dari fokusjabar.com.

Fasilitas GOR C-Tra Arena

  • Gedung Megah Bertaraf Internasional
  • 5000 Kapasitas Tempat Duduk
  • Sound System 5000 watt
  • Listrik/Lightning 15.000 watt
  • Locker/Ruang Ganti Pakaian
  • Air Bersih (PAM) dan Jet Pam
  • Area Parkir Luas
  • Security
  • Musala
  • Toilet

Alamat: Jl. Cikutra No. 278 Bandung
Phone : 022 – 7206525

Bahan: http://www.bandungtourism.com/, http://c-traarena.blogspot.co.id/, http://fokusjabar.com/2015/09/18/pt-bandung-utama-raya-alih-kelola-c-tra-arena-bandung/, http://sports.sindonews.com/read/1046494/51/c-tra-arena-homebase-baru-bandung-utama-1442665286, http://www.kiosparquet.com/2014/02/lapangan-basket-citra-arena-bandung.html

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.